Nelayan Anambas Dapat Bantuan Alat Tangkap Dari Bupati dan Wabup Anambas

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas saat menyerahkan bantuan alat tangkap kepada nelayan anambas secara simbolis (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas bersama-sama menemui sejumlah kelompok nelayan di Desa Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam rangka menyalurkan bantuan peralatan kepada nelayan tangkap KKA, Minggu (3/10/2021).

Hal ini bagian dari wujud dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam merealisasikan program yang sesuai dengan perencanaan. Penyerahan bantuan secara simbolis dan sekaligus silaturahmi secara langsung antara nelayan dan Abdul Haris dan Wan Zuhendra.

“Setiap tahunnya kami memprogram untuk bantuan nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas termasuk anggaran jaminan sosial ketenagakerjaan bagi nelayan yang ditanggung oleh Pemda KKA. Berdasarkan data yang ada jumlah nelayan sekitar tiga ribuan dan ditambah dengan nelayan musiman mencapai totalnya sekitar lima ribu jumlah nelayan yang terdaftar,” kata Abdul Haris,SH kepada nelayan yang hadir di acara silaturahmi, Minggu (3/10/2021) sore.

Ia juga mengatakan, selain nelayan pihaknya juga memprogramkan kegiatan untuk bantuan petani dan pedagang kecil melalui Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Pada tahun 2020 sempat terhenti melaksanakan sejumlah bantuan dikarenakan adanya bencana non alam yakni masa pandemi covid-19. Namun program prioritas masih bisa berjalan saat itu. Mudah-mudahan pada tahun 2022 program yang telah direncanakan akan bisa berjalan seperti sediakala,” sebut dia.

Kapal Motor dengan kapasitas 4 GT yang diserahkan oleh Pemda KKA kepada kelompok nelayan

Tambahnya, Pemda KKA juga harus memperhatikan pembangunan infrastruktur dan bidang kesehatan ditambah lagi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Saya berharap kepada seluruh nelayan agar dapat tetap waspada dalam melaksanakan aktivitas dilaut. Bantuan yang disalurkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, dirinya berharap kepada stakeholder yang terkait agar terus update tentang nelayan. Tingkatkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh kelompok nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Data nelayan harus update khusus dinas terkait. Kita tidak ingin ada nelayan yang tidak terdaftar. Semoga bantuan yang kita salurkan dapat digunakan sesuai kebutuhan,” tegasnya.

Adapun jumlah bantuan kepada nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas yang diserahkan secara simbolis yakni 30 unit radio komunikasi, 35 paket lengkap alat pancing ulur, dan 5 unit pompong dengan kapasitas 4 Grosston (GT)

Kegiatan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas dan Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas dan puluhan perwakilan nelayan anambas. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *