Nelayan Nekat Melaut Penuhi Kebutuhan Keluarga

Salah satu nelayan asal Kute Siantan saat hendak melaut di saat musim angin utara (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Meskipun keadaan cuaca saat ini mengalami panca roba, beberapa nelayan Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tetap nekat melaut untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, Senin (4/1/2021).

Menurut Abdul Hakim salah satu orang nelayan Kecamatan Kute Siantan yang berani melaut meskipun cuaca belum normal sedia kalanya. Hal ini ia lakukan akibat terpaksa untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Hari ini kelihatan sudah bisa melaut setelah sepuluh hari saya istirahat di rumah. Cuaca seperti ini ikan jenis tenggiri banyak dan mudah dicari saat dilaut,” ungkap Abdul Hakim kepada ignnews.id, Senin (4/1/2021).

Kata dia, nilai harga ikan di musim utara cukup tinggi mencapai seratus persen naiknya. Kenapa tidak, jumlah tangkapan dari nelayan sangat sedikit tapi harga ikannya yang mahal.

“Kalau kondisi cuaca normal saya bisa mendapatkan hasil jutaan rupiah setiap minggunya. Saya berada dilaut selama seminggu hingga sepuluh hari lah,” ucapnya.

Hakim juga menyampaikan sambil berkemas barang perlengkapan melautnya, penghasilan tangkapan ikan yang di dapatkanya akan dibagikan lagi kepada pemilik kapal yang dikelolanya. Sejauh ini dirinya belum memiliki kapal untuk menangkap ikan karena biayanya terlalu besar bagi dia.

“Saya bersyukur, masih ada orang yang meminjamkan kapalnya untuk mencari nafkah dilaut. Persoalan pembagian hal itu bagian dari kerjasama yang baik,” sebut dia. (Ririn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *