Beranda Kepri Anambas Ngeri!!!, Penderita HIV Anambas Alami Peningkatan, Ada Apa?

Ngeri!!!, Penderita HIV Anambas Alami Peningkatan, Ada Apa?

985
0
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (ft-ignnews.id)

IGNNews.id,Anambas-Kasus Huma Immunodeficiency Virus (HIV) mengalami peningkatan dari tahun 2022 berjumlah 17 Penderita menjadi 21 penderita, tahun 2023 yang meninggal dunia tiga orang di sejumlah kecamatan, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Feri Oktavia selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) menjelaskan,Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah suatu virus patogen yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Lantaran, HIV ini menginfeksi serta merusak sel CD4 yang berperan penting dalam sistem imunitas tubuh.

“Apabila tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut, HIV dapat mencapai stadium akhir dan mengakibatkan kondisi yang disebut AIDS atau¬†Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS adalah kumpulan dari beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh sangat lemahnya sistem kekebalan tubuh,” kata Feri Oktavia kepada ignnews.id, Rabu (27/9/2023).

Berdasarkan data melalui aplikasi Siha di aplikasi tersebut muncul jumlah saat ini, ada 20 orang yang mengalami HIV dan meninggal sebanyak 3 orang ini di tahun 2023.

Dan di tahun 2022 meninggal 1 orang warga anambas jenis kelamin perempuan dan di tahun 2023 2 orang dengan lokasi kecamatan yang berbeda.

“Ada penderita yang dicari itu kini hilang kontak person bahkan tidak rutin lagi melakukan pengobatan,” ucapnya.

Ia menambahkan, bagi penderita yang terus rutin melakukan pengobatan dan meniaga kesehatannya diperkirakan akan stabil kondisi tubuhnya. Sejauh ini 18 penderita itu masih stabil dan rutin melakukan pengobatan.

“Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas ada penderita HIV yang menjalani pengobatan hingga saat ini,” ungkapnya. (Fnd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here