Beranda Kepri Anambas Pancing Ikan Tamban Nambah Ekonomi Warga

Pancing Ikan Tamban Nambah Ekonomi Warga

232
0
Sejumlah warga saat memancing ikan tamban di pelabuhan Tanjung Momong Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan, Anambas (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Sejumlah warga Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas setiap paginya disibukan memancing ikan tamban di pelabuhan Tanjung Momong untuk menyalurkan hobi sekaligus menambah ekonomi rumah tangga.

Amin warga Tanjung Momong Desa Tarempa Timur Kecamatan Siantan mengatakan, sejak bulan Maret 2021 ikan tamban memadati di sekitar laut pelabuhan Tanjung Momong dan setiap paginya warga akan ramai memancing ikan tamban tersebut.

“Kesepakatan dari para pemancing tidak membenarkan menggunakan jala dan hanya menggunakan tali pancing untuk mendapatkan ikan tamban,” kata Anlmin seorang warga ketika ditemui ignnews.id, kemarin.

Baca Juga:  Tiga Perempuan Diringkus Satnarkoba Anambas

Menurutnya, setiap pagi ia meraih ikan tamban dengan menghabiskan waktu sekitar tiga jam sebanyak 5 Kg, dimulai mancing dari pukul 5.30 WIB sudah hingga pukul 08.30 WIB. Jika sudah waktu mencapai pukul 09.00 WIB cuaca pagi sudah mulai panas dan ikan tersebut tidak mau lagi memakan mata pancing yang diulur. Kemudian para pemancing akan melanjutkan pancingannya ketika waktu sore sekitar pukul 15.00 hingga 18.00 WIB.

“Ikan tamban terkadang saya jual ke pasar untuk setiap 1Kg di bandrol Rp 12 ribu saja. Terkadang untuk makan sendiri hal itu dilihat ketika jumlah ikan yang didapatkan,” sebut dia.

Baca Juga:  Warga Balau Kuning Minta Bupati Hadir, Kenapa?

Kata dia, ikan tamban ini tidak semua lokasi pelabuhan tersedia, hanya titik-titik tertentu saja. Lagipula musim ikan tamban tidak setiap bulan. Nanti akan berkurang dengan sendirinya.

“Ya, lumayan bang, adanya musim ikan tamban ini bisa menambah ekonomi keluarga saya,” ujar dia. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here