Panen Raya Ribuan Tanaman Jagung Desa Batu Ampar Dihadiri Bupati Kepulauan Anambas

Bupati, Wakil Bupati, Kepala Dinas Pertanian, Camat Kute Siantan, Kepala Desa Batu Ampar saat panen raya tanaman Jagung (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Bupati Kepulauan Anambas menghadiri panen raya tanaman jagung seluas dua Hektare di Desa Batu Ampar Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Desa Batu Ampar, Saiful Lizan mengatakan, kegiatan ini disebut padat karya dan program pemasaran akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Selain tanaman jagung ada juga buah semangka.

“Kami targetkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ungkap Saiful Lizan saat memberi kata sambutan, Rabu (13/10/2021).

Katanya, kendala saat ini yang dialami oleh para petani yakni alat angkutan para petani, akses jalan menuju perkebunan. Persoalan pemasaran dirinya tidak kuatir sebab bahan baku yang disediakan oleh petani mudah dijual.

“Kami berharap kepada pak Bupati dan Wakil Bupati agar dapat merealisasikan kendala yang dialami petani yang dimaksud,” ucapnya.

Ia menargetkan bahwa kelompok petani yang telah dibentuk agar dapat dipertahankan dan mudah-mudahan kesejahteraan masyarakat Desa Batu Ampar berdampak positif terhadap ekonomi kedepannya.

“Masyarakat kami memiliki semangat yang tinggi dan bisa dilihat kami sukses mewujudkan lima ribu tanaman jagung, buah semangka target 2 ton, tanaman ubi,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Camat Kute Siantan, Rais Anurdin mengatakan, terima kasih kepada semua rombongan yang hadir di acara tersebut. Kegiatan ini juga ada penyerahan bantuan kepada Usaha Mikro Koperasi Menengah (UMKM) Kecamatan Kute Siantan dalam program community investment premier oil tahun 2021.

“Alhamdulillah, kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar berkat kerjasama masyarakat dan kelompok tani Tunas Harapan Desa Batu Ampar. Saya berharap program padat karya ini bisa menjadi motivasi dari desa lainya di Kecamatan Kute Siantan,” tukasnya.

Sedangkan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris,SH mengatakan, pihaknya dari Pemerintah Daerah mengapresiasi kepada kelompok tani Tunas Harapan dan masyarakat Desa Batu Ampar yang telah semangat mewujudkan kegiatan panen raya perdana.

“Soal akses jalan akan kite rencanakan. Saya berharap kepada masyarakat terus semangat. Saya senang dengan program padat karya ini yang luar biasa,” sebutnya.

Ia juga menegaskan kepada Kepala Dinas Pertanian saat itu agar dapat dilakukan pembinaan dengan serius kepada kelompok tani Tunas Harapan dan ini bisa menjadi motivasi kepada desa lain yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 52 desa.

“Pak Kadis kelompok ini harus dibina secara maksimal. Semoga desa lain bisa mencontohi dari Desa Batu Ampar terkait padat karya,” tukasnya. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *