Pasca Panen Padi, Warga Solok Selatan Main Bola Lumpur

Ketika lomba sepak bola kaki di tanah garapan sawah milik petani pasca panen (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Sumbar-Masyarakat Desa Jorong Sampu, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat memiliki tradisi menarik dalam memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, tradisi ini terus dipertahankan oleh masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai ajang silahturahmi dan hiburan rakyat.

Ketika ignnews.id melakukan konfirmasi secara langsung kepada Ketua Panitia Pelaksana (Panpel), Fazio Reva Neldi menyampaikan, bahwa kegiatan rakyat tersebut berupa permainan sepak bola kaki di lahan garapan sawah bagi warga pasca panen.

“Semua kalangan bisa ikut bermain baik itu dari kalangan pemuda, pemudi maupun kaun orang tua ikut serta. Uniknya permainan bola tersebut di garapan lahan sawah pasca panen padi,” sebut Fazio Reva Neldi selaku Ketua Panitia Pelaksana kepada ignnnews.id, kemarin.

Kata dia, kegiatan itu berlangsung selama dua pekan di mulai dari tanggal 16 Mei 2021 dan dipertandingkan antar desa. Sejumlah kegiatan lainnya juga diperlombakan saat ada perayaan tersebut.

“Kami akan terus menggelar kegiatan ini setiap tahunnya. Selain membantu para petani, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga sekitar. Setiap satu tim terdiri dari lima orang,” sebutnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini digelar murni kemauan yang tinggi dari pemuda setempat dan biaya kegiatan bersumber dari sumbangan masyarakat. Pihaknya juga memberikan motivasi kepada masyarakat sekitar agar tetap melindungi diri dari penyebaran covid-19, dengan ajang ini warga akan mengurung niatnya untuk keluar kota dan tetap bertahan di desa.

“Kita juga tetap menghimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini bisa dijadikan ajang untuk mengurangi warga hendak keluar kota dan tetap berada di desa,” tukasnya. (Wahyudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *