Beranda Kepri Anambas Pemda Berupaya Melaksanakan Pencapaian Pembangunan Insfrastruktur

Pemda Berupaya Melaksanakan Pencapaian Pembangunan Insfrastruktur

93
0
Ilustrasi, Foto ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas sejak terbentuk kabupaten. (foto Net)

Ignnews.id,Anambas-Dalam menjalankan roda organisasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sejak Abdul Haris, SH dan Wan Zuhendra terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati KKA terus berupaya melaksanakan pembangunan daerah yang merupakan turunan atau terjemahan diantaranya sebagai berikut.

“Membangun infrastruktur dasar air bersih dan listrik yang memadai serta permukiman yang layak”.

Saat ini media yang berbasis online Indonesian Global Network (IGN) News.id yang baru mulai terbit pada tanggal 24 April 2020 mencoba mengupas melalui tulisan kepada narasumber terkait sejumlah pencapaian kegiatan pembangunan dibidang infrastruktur selama kepemimpinan Abdul Haris dan Wan Zuhendra.

Beliau berdua merupakan putra terbaik KKA yang diberi amanah dari masyarakat untuk memimpin KKA sejak Bulan Februari 2016 silam.

Infrastruktur pada tahun 2018 pemerintah telah melakukan penyelesaian pembangunan gedung Kantor Bupati dan sekaligus penggunaan sebagai pusat aktifitas pemerintahan dan secara bertahap pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 pemerintah daerah mulai melaksanakan pembangunan gedung untuk kantor OPD di Pasir Peti, sedangkan sarana dan prasarana pendukung lainnya masih terus dilengkapi secara bertahap.

Baca Juga:  Pasien Viral Medsos Paguyuban Pasundan TPI Salurkan Bantuan

Untuk Masjid Agung Baitul Ma’mur Anambas, bangunan utama sudah dimanfaat, di Tahun 2020 diresmikan penggunaannya oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI Bapak Prof. Dr. M. Mahfud MD, SU.

“Masjid Agung ini nantinya selain sebagai tempat ibadah juga akan kita fungsikan sebagai pusat pembinaan mental spiritual di Kepulauan Anambas, serta sebagai icon pariwisata daerah yang memadukan wisata bahari dan religius. Pada tahun 2018 pemerintah daerah menyelesaikan 70% dari total 4.4 km Jalan Rewak-Kusik Kecamatan Jemaja,”ungkap Abdul Haris, SH selaku Bupati Kepulauan Anambas, Kamis (25/6/2020).

Selain pembangunan yang bersumber dari APBD kita juga mendorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, dalam pembangunan ruas jalan Jalan Tarempa-Rintis, Payalaman-Peninting, Jalan Temburun-Pasir Peti, Jalan Bandara-Padang Melang, selain itu dengan pengembangan Ruas Jalan Rewak-Kusik, Genting-Air Bini, Putik-Teluk Pering, dan Piabung-Muntai, Pembangunan Jembatan Selayang Pandang saat ini dalam proses pengerjaan ditargetkan pada tahun 2022 jembatan tersebut sudah dapat kita manfaatkan.

Baca Juga:  Kades Bayat Mundur Dari Jabatannya, Ada Apa?

“Hal ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam membuka akses penghubung antar desa-desa ke kecamatan, dan kabupaten,”ucap dia.

Untuk infrastruktur air baku pemerintah daerah terus mendorong pembangunan embung di desa-desa, diantaranya penyusunan dokumen perencanaan embung di 3 (tiga) desa yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Daerah pada tahun 2019 telah menyelesaikan secara bertahap revitalisasi dan normalisasi embung gunung Samak, dan embung gunung Lintang di pulau Siantan.

“Pemerintah Daerah terus berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat diantaranya melalui peningkatan kualitas pemukiman yang dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan pembangunan jalan lingkungan/gang, drainase pada kawasan permukiman, penangan air limbah domestik dan pendistribusian air bersih,”jelasnya.

Baca Juga:  Wakapolres Cek Kondisi Kendaraan Bermotor Personil Polres Anambas

Dalam pendistribusian air bersih, pemerintah daerah membentuk UPTD. SPAM untuk mendorong pengelolaan pendistribusian air bersih di pulau Siantan dan Jemaja serta bermitra dengan pemerintah desa dalam pengelolaan air bersih di desa-desa. disamping itu juga pemerintah daerah mendorong pembangunan SPAM di Desa Batu Berapit dan Desa Landak Kecamatan Jemaja yang sedang dalam proses penyelesaian pada tahun 2020 melalui anggaran APBN.

“Dalam rangka mendukung penguatan ketahanan pangan daerah kita berusaha mengembangkan dan meningkatkan jaringan irigasi di Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, dengan harapan dapat mendorong membuka lapangan kerja di sektor pertanian,”pungkas dia. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here