Beranda Headline Pemuda Perbatasan Sukses Sebagai Pengusaha Milenial

Pemuda Perbatasan Sukses Sebagai Pengusaha Milenial

299
0
Foto saat acara dialog interaktif disempena Hari Jadi Kepri ke 19 tahun (foto istimewa)

ignnews.id,Tanjungpinang-Aliansi Mahasiswa Kepri (AMK) membuka ruang dialog interaktif bersama sejumlah pejabat hingga kalangan tokoh dan pengusaha di Provinsi Kepri dengan tema “Maksimalkan Potensi Kelautan, Demi Kepri Menuju Kejayaan”, acara diselenggarakan di hotel Comfort, kemarin.

Kegiatan tersebut bagian dari perayaan Hari Jadi Provinsi Kepri ke 19 tahun dengan mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu dari narasumber dari kalangan pengusaha yang berdomisili di Kabupaten Bintan, Edi Jakfar menyampaikan, peran serta pemuda dalam mengisi pembangunan di sektor perikanan sangat memiliki potensi yang cukup menjanjikan dan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Kepri pada umumnya.

Baca Juga:  Janda Dua Anak Sukses Kuliahkan Anaknya

“Kalau kita berbicara dari sisi aspek ekonomi, diusia 19 tahun berdirinya Provinsi Kepulauan Riau, dengan usia yang masih muda, produktif, dan perlu kerja keras tentu kita memerlukan peranan penting dari para pemuda yang memiliki pemikiran positif dalam mengisi pembangunan,” ungkap Edi Jakfar saat menyampaikan dalam dialog interaktif kemarin.

Ia lebih tertarik disektor perikanan dari apa yang telah disampaikan oleh para narasumber lainnya. Sedikit ia menyampaikan bahwa dirinya dibesarkan oleh dari keluarga mayoritas bekerja sebagai nelayan.

“Diketahui, saat ini kebijakan terkait kelautan lebih banyak di kewenangan provinsi, oleh karena perlu peran serta provinsi yang lebih tinggi,” ucap dia.

Baca Juga:  DP3APM Pemko Siapkan Program Internet Sehat

Edi sendiri asal kelahiran dari Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas juga mengatakan, wajib pemerintah meningkatkan ekonomi nelayan lokal, sebab nelayan lokal di Kepri belum menampakan kesejahteraan yang signifikan.

“Saya sangat paham dengan kehidupan nelayan lokal pesisir Kepri ini. Pemerintah harus lebih proaktif terkait meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan Kepri,” ujarnya.

Ia juga menceritakan kepada media ini, perlu diatur secara regulasi terkait jual beli ikan khususnya harga ikan yang berstandar sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Ia meminta hindari dari sistem monopoli dari sejumlah pihak terkait hal ini.

Baca Juga:  Mubes Pemekaran Kabupaten Perbatasan Kepulauan Jemaja Dinanti Masyarakat

“Saya sarankan agar BUMD Kepri perlu ikut andil dalam menata harga pasar ikan. Tujuan kita bagaimana nelayan itu bisa lebih sejahtera dari yang sebagai penjual ikan,” kata dia.

Lanjut dia, dia mengajak pemerintah terus mendorong para pemuda Kepri agar dapat lebih berperan aktif dalam dunia usaha. Jika hal ini tidak didorong oleh sejumlah pihak, maka akan lambat pertumbuhan pengusaha muda yang memiliki jiwa enterpreneur.

“Pemuda itu memiliki jiwa sebagai pengusaha agar dapat menumbuhkan semangat dalam membangun ekonomi dikalangan kaum Milineal tentunya,” tukasnya. (Fr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here