Natuna  

Penekanan Jumlah Penyandang Stunting Dengan Cara Hindari Pernikahan Dini

banner 120x600
Bupati Natuna Wan Siswandi saat membuka Talk Show Tentang Kita di Gedung Sri Srindit Ranai

 

Ignnews.id, Natuna – Bupati Natuna, Wan Siswandi menyatakan, salah satu cara mengantisipasi terjadinya stunting pada generasi mendatang adalah dengan cara tidak melakukan pernikahan dini.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Siswandi dihadapan puluhan Kades, Duta Genre (Generasi Berencana) dan pelajar saat membuka acara Talk Show Tentang Kita di Gedung Sri Srindit Ranai, Jumat (18/11/2022).

Dikatakannya, generasi yang lahir dari pasangan yang belum berusia dewasa berpotensi menjadi penyandang stunting mulai sejak masa kelahirannya.

“Maka kalau bisa hindarilah pernikahan dini itu,” serunya.

Namun begitu ia menegaskan bahwa perkawinan merupakan hak individu yang tidak boleh dihalang-halangi apabila seseorang sudah berada pada fase hasrat perkawinan.

Dengan demikian apabila sudah mencukupi umur  bagi kalangan remaja untuk melakukan perkawinan apabila sudah memiliki kehendak kawin.

“Kawin boleh, asal dapat memprogramkan nya. Sehingga anaknya tidak stunting,” tegas Bupati Siswandi.

Ia kemudian menjelaskan jumlah penyandang stunting di Natuna sebanyak 14 persen. Sementara angka stunting di Provinsi Kepri sebesar 17 persen dan target nasional tahun 2022 sebesar 14 persen.

“Jadi kita sudah mencapai target nasional dan di bawah angka provinsi,” katanya.

Terakhir, Bupati Siswandi mengingatkan bahwa tugas-tugas pencegahan stunting ini tidak berada dipundak anak-anak usia remaja dan Balita.

Foto bersama para pelopor Duta Genre (Generasi Berencana)

“Tapi ini urusan pemerintah, orang tua dan guru-guru. Jadi Pak Kades di desa harus aktif memberikan pemahaman kepada warga di desanya masing-masing,” tutupnya.

Acara Talk Show ini mengambil tema “Cerita Tentang Kita, Aku dan Kamu sebagai Agen Pelopor Penurunan Stunting”

Acara ini dihadiri Bupati Natuna, Deputi Bidang KSPK BKKBN Republik Indonesia, Bunda Genre Natuna, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Natuna, Camat, Lurah dan Kepala Desa, Duta Genre serta sejumlah pejabat lainnya. Laporan (Hardi/Fer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *