Natuna  

Peringatan Hantaru ke 62, BPN Natuna Optimis Selesaikan Target PTSL

banner 120x600
Penyerahan sertifikat tanah kepada sejumlah instansi pemerintah oleh Bupati Natuna yang diwakili Asisten I Kabupaten Natuna

Ignnews.id, Natuna – Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-62 tahun 2022 kali ini, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Natuna berhasil menyelesaikan sebanyak 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7 persen.

“Dengan adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kita mendapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL. Hingga saat ini capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7 persen. Maka untuk mencapai target 100 persen hingga tahun 2025 nanti kita akan menyusun strategi yang terbaik agar penyelesaian segera tercapai,” kata Purwoto, A.Ptnh., M.M selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Natuna. Usai pelaksana upacara Hari Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-62. Senin (26/9/2022).

Pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini dengan mengusung tema “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh” akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan,penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, murah, cepat, efektif dan efisien.

Para perwakilan pemerintah dan masyarakat saat menerima sertifikat di peringatan Hantaru ke 62

Purwoto menyampaikan, program PTSL tahun 2022 ini BPN Natuna mendapatkan target sebanyak 3092 bidang tanah adapun realisasi capaiannya hingga saat ini sudah mencapai 1005 bidang.

“Dengan sisa waktu 3 bulan ini pada tahun 2022 ini kita akan berusaha menyelesaikan target tersebut hingga 2025 nanti. Saya mengingatkan kepada teman-teman pentingnya mengejar target PTSL, namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di kemudian hari,” paparnya.

Selain itu Purwoto juga mengatakan dalam percepatan PTSL pihaknya terus berkoordinasi bersama Bupati Natuna untuk dapat menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai.

“Namun masih banyak kita jumpai di lapangan kendala sertifikat tidak terbit, dikarenakan masyarakat tidak mampu membayar BPHTB. Untuk itu kita terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam mengantisipasi tesebut,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, BPN Natuna mendapatkan reward terbaik dari Komisi Pemberantasan Korupsi dengan keberhasilan dalam percepatan PTSL.

“Hal ini tentunya menjadi motivasi kami dalam percepatan penyelesaian program PTSL,” ujarnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Natuna, Purwoto, A.Ptnh., M.M saat memberikan keterangan

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022, Kantor Pertanahan Kabupaten Natuna menyerahkan sertifikat hak atas tanah sebanyak 17 bidang diantaranya Bakamla satu bidang, Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Natuna satu bidang, Kementrian Perhubungan sebanyak 2 bidang, Pemkab Natuna sebanyak 10 bidang dan perwakilan dari masyarakat yang diserahkan secara simbolis sebanyak 3 bidang.

“Pada momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional kali ini kita akan wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang telah kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” pungkasnya. Laporan (Hardi/Fer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *