Natuna  

Pos Kamling Jemengan Terpilih Untuk Mengikuti lomba Satkamling tingkat Polda Kepri

banner 120x600

Pemaparan tentang pentingnya mengaktifkan Pos Kamling dilingkungan tempat tinggal 

ignnews.id, Natuna – Mempertahankan budaya ronda atau patroli di sekitar lingkungan tempat tinggal, mungkin tidak semua wilayah masih menerapkan kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling). Namun berbeda dengan diwilayah RT.001 RW.006 Jemengan Kelurahan Ranai Kota yang masih menerapkan sistem tersebut. Kamis (25/5/2023) malam.

Pos Kamling yang berada dilingkungan warga jemengan tersebut, terpilih untuk mengikuti lomba Satkamling yang diadakan dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Kepri.

Polda Kepri dalam hal ini melalui Ps. Sikorwaspolsus subdit satpam/polsus Ditbinmas polda kepri Iptu Awaluddin memaparkan, Dalam rangka meningkatkan harkamtibmas menjelang pemilu serentak tahun 2024 akan di laksanakan revitalisasi Satkamling. Kegiatan yang di laksanakan yaitu lomba Satkamling tingkat Polda Kepri.

“Dari setiap Satbinmas Polres menyiapkan 3 Satkamling untuk di laksanakan penilaian tingkat Polda. Adapun aspek penilaian dari lomba Satkamling terdiri dari aspek SDM, Sapras kegiatan Opsnal Satkamling, dukungan masyarakat dan pembinaan Satkamling,”jelas Iptu Awaluddin saat memberikan pemaparan di Pos Kamling Jemengan.

Ia juga menyampaikan, bahwa fungsi dari siskamling adalah sarana warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungan serta menanggulangi ancaman dan gangguan terhadap lingkungannya.

“Maka melalui kegiatan-kegiatan pengaturan, seperti penjagaan, pengawalan, dan patroli atau perondaan, serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tercipta suatu lingkungan yang aman, tertib, dan teratur,” paparnya.

Sementara Sukarno Ketua RT.001 RW.006 Jemengan Kelurahan Ranai Kota, menuturkan bahwa pihaknya tidak menyangka Pos Kamling diwilayahnya menjadi salah satu perwakilan untuk mengikuti perlombaan Satkamling yang diadakan dari Polda Kepri.

“Semoga saja, dengan keaktifan pos kamling di jemengan ini menjadi contoh bagi diwilayah lain untuk bisa mengaktifkan kembali. Dengan keadaan pos kamling seadanya ini harapan kami bisa menjadi juara,” harapnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Ps. Sikorwaspolsus subdit satpam/polsus Ditbinmas polda kepri Iptu Awaluddin, Kasat Binmas Polres Natuna Iptu Saidi Manalu, Kasi Trantibmum Kel Ranai Kota Bpk Habibi Agussami, SE, Bhabinkamtibmas Kel. Ranai Kota Brigadir Mudiyanto, Babinsa Kel. Ranai Kota Sertu Erwin Sidabutar, Kaling III Ranai Kota Bpk Harjuna, Ketua RW. 006 Jemengan Bpk Wan Nopi, S.Pd, Ketua RT.001 RW.006 Jemengan Bpk Sukarno, Petugas Satkamling Jemengan. Laporan(Hardiansyah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *