Beranda Kepri Anambas PPK Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

PPK Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

284
0
Camat Jemaja Timur saat melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan Pilkada di TPS

Ignnews.id,Anambas-Jelang satu hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 dimasa pandemi covid-19. Camat Jemaja Timur ikut memantau kesiapan progres pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan Bupati, Wakil Bupati Kepulauan Anambas tahun 2020, Selasa (8/12/2020).

Camat Jemaja Timur, Indra Gunawan mengatakan kunjungan kerja ke pihak penyelenggara itu tak lain ingin memastikan kesiapan pelaksanaannya mengingat hari pemungutan suara tinggal satu hari lagi.

“Kami lakukan kunjungan kerja ke empat desa diwilayah Kecamatan Jemaja Timur. Besok, tanggal 9/12/2020 dilaksanakan pencoblosan,” ungkap Indra Gunawan selaku Camat Jemaja Timur kepada Ignnews.id, Selasa (8/12/2020).

Banyak hal teknis yang ditanyakan Indra terhadap progres tahapan yang sudah dan akan dilakukan pihak penyelenggara pada Pilkada serentak 2020 di wilayahnya. Termasuk menanyakan kendala atau masalah di lapangan karena Pilkada saat ini berlangsung di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga:  Wajib 11 Tahun Mengabdi Di Anambas Bagi CPNS Yang Lulus

“Kami harus memastikan semuanya berjalan aman, damai, lancar, dan juga tertib. Harus dipastikan juga sejauh mana penerapan protokol kesehatan di setiap TPS serta bagaimana pola agar masyarakat pemilih tidak berpotensi terpapar covid-19,” tegas dia.

Ia sangat mengetahui betul kondisi geografis Kecamatan Jemaja Timur Karena itu, ia pun mewanti-wanti agar kalaupun ada kendala pada distribusi logistik, bisa diatasi.

“Apalagi sekarang sedang musim utara dan ditambah hujan. Kita tentu berharap Pilkada KKA berjalan dengan lancar meskipun ada kekhawatiran karena pelaksanaanya berlangsung di tengah pandemi covid-19,” harap dia.

Jangan sampai tingkat partisipasi juga jadi turun karena pandemi covid-19. Harus terus disosialisasikan kepada masyarakat pelaksanaan Pilkada termasuk keamanan penerapan protokol kesehatan,” ungkap dia.

Baca Juga:  Kerja Nyata, Telkomsel Hadirkan Sinyal 4G Di Pulau Jemaja

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Jemaja Timur, Harmaini memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat di semua TPS. Sehingga masyarakat tidak perlu ragu datang ke TPS pada 9 Desember nanti untuk menyalurkan hak suara mereka memilih calon pemimpin daerah lima tahun ke depan.

“Ada 12 hal baru di TPS saat pandemi covid-19 ini yakni tersedianya tempat cuci tangan dan sabun, handsanitizer, sarung tangan plastik untuk pemilih, sarung tangan medis utk petugas KPPS, masker, tempat sampah, faceshield, alat pengukur suhu tubuh, disinfektan, tinta tetes, baju hazmat dan ruang khusus bagi pemilih bersuhu tubuh 37,3 derajat,” ujar dia.

Lokasi yang menjadi kunjungan yakni di Desa Kuala Maras, Desa Ulu Maras, Desa Bukit Padi dan Desa Genting Pulur. Persiapan progres pelaksanaan pencoblosan nanti dipastikan akan berjalan dengan maksimal dan logistik juga telah tiba dimasing-masing desa.

Baca Juga:  Pesan Dari Kasal Saat Perayaan HUT TNI AL ke 75

“Logistik telah tiba dimasing-masing desa. Setiap TPS siap melaksanakan kegiatan pencoblosan pada tanggal 9/12/2020. Kami tegaskan kepada seluruh masyarakat jangan kuatir untuk menentukan hak pilihnya dan datanglah ke TPS dengan mengikuti protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Jemaja dan Jemaja Barat juga telah siap melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020. Diketahui logistik dan surat suara telah tiba di masing-masing desa yakni Jemaja Barat desannya terdiri dari Desa Sunggak, Desa Impol dan Desa Keramut.

Untuk Kecamatan Jemaja terdiri dari Desa Landak, Desa Rewak, Desa Mampok, Desa Batu Berapit, Desa Air Biru dan Kelurahan Letung. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here