Puluhan Anak Daerah Di Kuliahkan Menjadi dokter Umum dan Dokter Spesialis

banner 120x600

Bupati Natuna Wan Siswandi saat berfoto bersama Menteri Kesehatan RI

Ignnews.id, Natuna – Guna memenuhi kebutuhan akan tenaga medis, Pemerintah Daerah kabupaten Natuna akan menguliahkan puluhan anak daerah untuk menjadi dokter yang bisa mengabdi diwilayah perbatasan NKRI.

Pemenuhan kebutuhan ini, merupakan langkah penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi putra dan putri daerah Natuna dalam bidang kesehatan.

Hal ini dianggap penting, Bupati Natuna Wan Siswandi berupaya semaksimal mungkin dalam mendapatkan kuota kuliah gratis untuk anak daerah Natuna dari Kementerian Kesehatan RI.

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama rombongan mengadakan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan RI

“Kita berusaha melakukan lobi dan teken sejumlah MoU dan berhasil dapatkan hampir 100 anak daerah kuliah gratis bagi anak daerah Natuna,” ujar Bupati Natuna, Wan Siswandi usai pulang dari sejumlah universitas di Jakarta. Jumat (23/2/2024).

Dikatakannya, pemerintah daerah berupaya terus meningkatkan sektor kesehatan dengan menguliahkan anak daerah sebanyak 9 orang dokter umum pada tahun 2023 lalu, dan di tahun 2024 2 orang lagi di universitas Negeri seluruh Indonesia.

“Jadi dalam memenuhi dan meningkatkan pelayanan publik terkait kesehatan masyarakat, kita mengupayakan untuk menyekolahkan anak daerah menjadi dokter. Dan kita juga lanjutkan studi mereka untuk menjadi dokter spesialis,” ungkap Wan Siswandi.

Bupati Natuna Wan Siswandi saat memberikan pemaparan bersama kementerian Kesehatan RI

Sebelumnya Natuna mendapatkan kuota 20 orang untuk menjadi dokter spesialis dari Kemenkes namun hanya 5 orang dokter yang berminat melanjutkan S2 mereka untuk menjadi dokter spesialis.

“Untuk yang dokter umum ada 11 anak daerah yang akan dikuliahkan dan sudah menandatangani kesepakatan dengan pihak Kemenkes bahwa mereka bersedia mengabdi di Natuna dalam kurun waktu yang telah ditentukan,” tutupnya. Laporan (Hardiansyah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *