Beranda Headline Saat Ini Bakal Lawan Petahana Dari Jalur Indenpenden

Saat Ini Bakal Lawan Petahana Dari Jalur Indenpenden

53
0
Ketika KPU Anambas gelar Rapat Pleno terbuka untuk dukungan perseorangan. (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 dipredikasi akan menarik, pasalnya calon Petahana (HarisWan) bakal bertemu kompetitor, setelah pasangan Ir. Fachrizal-Johari, SH (IJO) lolos melalui jalur perseorangan alias independen.

Jupri Budi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Anambas Jupri Budi mengatakan, dari rapat pleno rekapitulasi verifikasi faktual yang digelar Selasa (21/7/2020) calon perseorangan pasangan Ichal-Johari lolos.

“Setelah lolos verifikasi faktual Pasangan Ichal-Johari dapat mendaftar sebagai calon bupati dan wakil bupati pada bulan September mendaftar,”ujar Budi, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Kurban, Desa Sunggak Salurkan BLT

Budi mengungkapkan, pasangan Ichal-Johari lolos setelah meraup total dukungan sebesar 3518. Namun demikian pasangan tersebut masih dapat mendapat dukungan partai.

“Apabila dilihat dari PKPU no 1 tahun 2020, dimana pasal 34 sudah di hapus (yang melarang) maka dibolehkan juga diusung oleh partai walaupun menggunakan jalur independen,”jelasnya.

Lanjut dia, untuk pasangan yang juga maju lewat jalur independen yakni Sarivan-Arman memperoleh dukungan 1769, dan belum memenuhi syarat. Namun demikian pasangan tersebut diberikan kesempatan untuk memperbaiki dukungan,

“Pasangan Sarivan-Arman diberikan waktu perbaikan dari tanggal 25 sampai dengan 27 Juli mendatang,”jelasnya.

Baca Juga:  Hanya Berdiskusi Ringan Bisa Menyalurkan Bantuan

Budi menambahkan, bahwa sarat minimal dukungan itu sebesar 3153. Sedangkan dukungan yang diperoleh sebesar 1769, jadi kekurangannya sebesar 2768 ,”tuturnya.

Saat ini sambung dia, KPU masih menunggu perbaikan pasangan Sarivan-Arman apabila ini clear maka tinggal pembukaan pendaftaran yang akan dilakukan pada bulan September. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here