Beranda Kepri Anambas SDGs Telah Berlangsung Di Anambas

SDGs Telah Berlangsung Di Anambas

283
0
Ir. Idrus selaku tenaga ahli partisipatif di acara SDGs di Kecamatan Jemaja Timur, Anambas. (Foto ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Desa, kepada desa, anggota BPD serta perangkat desa di Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

“Kami ke sini akan membentuk Kelompok Kerja (Pokja) dalam melakukan perencanaan desa yang berkelanjutan dan membuat desa bisa bebas kelaparan, bebas kemiskinan dan desa juga menjadi maju dan sehat,” ungkap Ir.Idrus selaku tenaga ahli partisipatif ketika ditemui ignnews.id, Senin (12/4/2021).

Baca Juga:  Pria Jatuh Dari Lantai Tiga Langsung Meninggal Dunia

Lanjut dia, kegiatan tersebut merujuk dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017. Ia juga mengatakan, bahwa target perencanaan pembangunan desa hingga tahun 2030 seluruh Indonesia harus tuntas didalam segala sektor.

“Pemerintah pusat tidak ingin setiap tahun pembangunan di desa tidak ada sistem yang berkelanjutan dan harus berdampak pemanfaatan ekonomi terhadap masyarakat pastinya,” ucap dia.

Tambahnya, kegiatan ini pihaknya lakukan di seluruh indonesia bukan hanya di anambas saja. Indonesia memiliki 34 Provinsi, 174,953 desa yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Tegakan Perda BG, Pemilik Gedung Cemas

“Kami berharap 52 desa di anambas bisa menjadi desa mandiri. Dana Desa dan ADD baiknya desa jangan ketergantungan, sebab anggaran tersebut cepat atau lambat akan berakhir, sebab itu bersifat subsidi,” sebut dia. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here