Beranda Kepri Anambas Sejak 2013 Program Pasimas Telah Terlaksana

Sejak 2013 Program Pasimas Telah Terlaksana

95
0
Adelmi Parera selaku Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya di PUPR Anambas

Ignnews.id,Anambas-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kepulauan Anambas sudah melaksanakan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) sejak 2013.

Adelmi Parera, Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya di PUPR Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa.

“Program pamsimas ini bertujuan untuk mendekatkan air ke masyarakat. Karena di Anambas sendiri masih banyak Desa yang belum memiliki air bersih, dengan program ini kami berharap tidak ada lagi warga desa yang kesulitan memperoleh air bersih layak konsumsi,” ucap Adelmi Parera saat ditemui Ignnews.id, Senin (22/2/2021).

Baca Juga:  Pesan Dari Kasal Saat Perayaan HUT TNI AL ke 75

Adelmi menguraikan, pada tahun 2020 lalu, sebanyak 17 desa sudah dilaksanakan program Pamsimas. Pada tahun 2021, rencananya akan ada 14 desa yang akan menjadi target program Pamsimas.

“Rencananya akan ada 14 Desa, namun kegiatan Pamsimas tahun 2021 belum bisa dilaksanakan dikarenakan Dana Alokasi Khusus (DAK) belum di entry,” pungkasnya.

Lanjutnya, program Pamsimas ini pelaksanaanya akan dilakukan oleh masyarakat desa secara swadaya, pemerintah hanya menfasilitasi serta mengawasi.

“Adanya akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan melalui Pamsimas, bisa memudahkan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan serta menjaga perilaku hidup bersih,” harapnya. (JL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here