Sejumlah Anggota DPRD Anambas Terjun Langsung Ke Lokasi Penambang Pasir Air Laut, Ada Apa?

Sejumlah anggota DPRD KKA saat berada di lokasi penambang pasir air laut diperairan laut Desa Air Putih Kecamatan Siantan Timur (foto ignnews.id)
banner 120x600

ignnews.id,Anambas-Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas terjun langsung ke lokasi penambang pasir air laut yang berada di perairan laut Desa Air Putih Kecamatan Siantan Timur dalam menyelesaikan konflik antar penambang dan pihak desa terkait.

Wiwin Suryanto selaku perwakilan dari masyarakat lokal meminta kepada pihak kompeten hanya dapat memberikan waktu selama enam bulan ke depan bagi penambang untuk dapat menambang pasir air laut kembali. Sebelumnya telah dihentikan oleh pihak desa persoalan ini.

“Kami hanya memberikan waktu enam bulan ke depan saja. Tolong bapak-bapak dewan perjuangkan izin secara resmi bagi penambang,” kata Wiwin saat dialog dihadapan sejumlah anggota DPRD KKA yang hadir, Jum’at (22/10/2021) di Balai Desa Air Putih Kecamatan Siantan Timur.

Penambang pasir air laut bekerja secara manual dengan cara menyelam lalu pasir tersebut dimasukan dalam karung sebelum dibawa ke lokasi pembeli. Pantauan media ignnews.id dilokasi sempat terjadi debat kecil namun hal itu bisa di minimalisir oleh anggota DPRD yang menjadi pemimpin dialog yang disepakati yakni Jasril Jamal dari fraksi PAN.

Sementara itu, Jasril Jamal selaku anggota DPRD KKA mengatakan, pihaknya meminta data penambang pasir lokal air laut dan pihaknya juga sudah meninjau ke lokasi penambang secara langsung. Dirinya berjanji akan membawa persoalan ini kepihak kementerian terkait.

“Kita akan coba membawa persoalan ini kepihak Kementerian terkait kearifan lokal. Dirinya berharap agar masyarakat atau penambang tetap damai dan jangan sampai terjadi permusuhan antar sesama,” ujarnya.

Anggota DPRD yang hadir yakni Jasril Jamal dari fraksi PAN, Fahri Hidayat dari Fraksi Nasdem, Raja Bayu Febri Gunadian dari fraksi Golkar, Hj Teti Hadiyanti dari fraksi Gerindra, Yulius dari fraksi Gerindra, Ayub dari fraksi PPP dan Mariady dari fraksi Perindo dan dihadiri, Staf Ahli Bupati Kepulauan Anambas, Kabid LH, Sekretaris Camat Siantan Timur, Kepala Desa Air Putih, Ketua BPD Air Putih, sejumlah anggota Polres Kepulauan Anambas dan sejumlah masyarakat. (Fendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *