Beranda Kepri Anambas Seniman Terima Award Sebagai Penggiat Seni Anambas

Seniman Terima Award Sebagai Penggiat Seni Anambas

407
0
Salah satu seniman yang mendapatkan award

Ignnews.id,Anambas-Komunitas Anambas Esambel bersama Sanggar LUAN Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) memberikan apresiasi dalam bentuk award penghargaan bagi para pelaku seni, penggiat seni dan tokoh seni, Kamis (24/12/2020).

Menurut Ketua Komunitas Anambas Esambel, Reci Kardiman mengatakan, bahwa sebelum diberikan award pihaknya menilai dan menelusuri siapa-siapa saja pelaku seni yang layak mendapatkan award.

Adapun kriteria yang dinilai oleh pihaknya diantaranya pelaku seni yang masih aktif diberbagai kegiatan seni dan nama-nama orang mendapatkan award tersebut yakni

Stefanus Etal pelaku seni Gubang dari Desa Mengkait dan Pe Eng asal Desa Air Sena, Group Zapin asal Siantan Utara Nek Nang. Sedangkan tokoh-tokoh seni sebagai berikut, Erwan Efendi, Mat Ruslan (Letung), Abdul Kadir penggiat Seni asal Kute Siantan, Umar asal Tarempa Barat, Mukhtar J asal Tarempa, Mazihi asal Palmatak dan lain-lainnya.

Baca Juga:  Soerya Respationo Paparkan Visi Misi Ekonomi Hingga Pendidikan Kepada Warga

“Award ini di berikan sebagai penyemangat dan tanda bahwa jasa mereka selalu kami kenang dan selalu menjadi inspirasi kami sebagai generasi muda,” ungkap Reci Kardiman selaku Ketua Komunitas Anambas Ensambel kepada Ignnews.id, Kamis (24/12/2020).

Sementara itu, Zubir sebagai Ketua Sanggar LUAN mengatakan, pihaknya akan mencari dan mengajak bersama para generasi muda untuk dapat berkiprah dalam penggiat seni.

Hal ini dinilai penting, sebab Anambas sebagai tujuan wisata bagi para wisatawan. Oleh karena itu dibutuhkan lebih banyak lagi para pelaku seni.

Baca Juga:  Nelayan Bagan Jenis Usaha Baru Anambas

“Peran serta masyarakat itu sangat penting dalam mendorong percepatan pembangunan pariwisata. Seni dan budaya salah satu faktor utama kemajuan pengembangan wisata. Mari kita pacu lebih giat lagi,” ucap dia.

Pria berkaca mata ini juga mengatakan, pihaknya beberapa dekade sering melakukan kegiatan-kegiatan seni dengan adanya masa pandemi covid-19 saat ini, maka sejumlah kegiatan seni tidak dilaksanakan lagi.

“Para seniman yang telah menerima award dari pihaknya adalah sebagai sesepuh bagi generasi muda seperti mereka. Kami harapkan kegiatan ini terus dilanjutkan,” tukasnya.

Baca Juga:  Akhirnya Paket Sembako Pemda Tiba Ke Desa Sunggak

Sedangkan, Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Daerah KKA tetap memiliki komitmen yang tinggi dalam seni dan budaya sebagai salah potensi wisata di KKA kedepannya.

“Semoga dengan adanya award ini menjadi salah satu pemicu munculnya kader-kader seni baru, kepada para penerima piagam penghargaan teruslah menjadi inspirasi dan teruslah berkarya,” ucap Haris.

Kata dia, perusahaan migas yang beroperasi di wilayah Anambas seperti Premier Oil sebelum covid-19 memiliki agenda yakni setiap dua tahun sekali akan memberikan penghargaan kepada penggiat seni juga. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here