Setiap Lima Tahun Digelar Sensus Pendataan Keluarga

Paras Siregar selaku Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas- Dinas Kesehatan pengendalian penduduk dan keluarga berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengadakan sensus atau pendataan keluarga tahun 2021.

Paras Siregar, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana di Dinas Kesehatan mengatakan pelaksanaan pendataan keluarga tersebut akan dimulai 1 April – 31 Mei 2021.

“Sebenarnya pendataan ini berlangsung selama sebulan, mengingat tahun ini dilakukan bertepatan dengan bulan Ramadhan maka diberikan tambahan waktu menjadi 2 bulan,” kata Paras Siregar kepada Ignnews.id, Senin (22/2/2021).

Sensus pendataan keluarga ini dilakukan setiap 5 tahun sekali. Dan seharusnya, pendataan keluarga dilaksanakan pada 2020 lalu, namun terkendala karena pandemi.

“Seharusnya pendataan dilakukan pada tahun lalu, namun karena situasi pandemi dan banyaknya refocusing dana maka kita tunda menjadi tahun ini,” sebut dia.

Lanjut Paras,sebanyak 13.000 kartu keluarga yang ada di seluruh kecamatan di Anambas akan menjadi sasaran pada sensus ini. Pelaksanaan Sensus ini akan di bagi menjadi dua metode dimana setiap keluarga akan dicatat secara manual dan digital oleh petugas lapangan.

“Pendataan ini bisa di lakukan melalui smartphone, nanti petugas sensus yang akan mengisi. Untuk Desa yang masih minim sinyal, akan kita gunakan formulir untuk mendata,” terang Paras.

Kemudian, Paras mengatakan untuk petugas yang akan terlibat dalam pendataan ini sebanyak 137 orang, yang terdiri dari 10 orang manager pengelola, 10 manager data, 54 supervisor dan 63 pendata. Dan tujuan dilaksanakannya pendataan keluarga tersebut untuk dijadikan rujukan sumber perencanaan tentang kependudukan dan data keluarga.

“Dengan Pendataan ini, nantinya kita akan mengetahui data-data keluarga di Kabupaten Kepulauan Anambas yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk perencanaan, program KB, dan pengendalian penduduk,” tutup Paras. (JL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *