Beranda Kepri Anambas Sinyal Anambas Lemah, Kabel Bawah Laut Putus

Sinyal Anambas Lemah, Kabel Bawah Laut Putus

1186
0
Peta jaringan Fiber Optik Palapa Ring Barat

ignnews.id,Anambas-Informasi yang dihimpun terkait dugaan putusnya kabel fiber optik tepatnya berjarak sekitar 12 mil antara perairan laut Batam menuju perairan laut Kabupaten Kepulauan Anambas sehingga mengalami gangguan jaringan telekomunikasi dan internet.

Jaringan internet menjadi lambat sejak tanggal 12/9/2021 Minggu malam hingga Senin, 13/9/2021. Kondisinya masih dalam tahap penulusuran penyebab terjadi dugaan putusnya kabel fiber optik tersebut.

“Hingga saat ini dirinya belum mendapatkan laporan secara resmi. Namun informasi yang diperoleh kuat dugaan terjadi gangguan di kabel fiber optik bawah laut,” ungkap Japrizal,S.Kom,MA selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik KKA kepada ignnews.id melalui telepon selulernya, Senin (13/9/2021) malam.

Baca Juga:  Pelabuhan Tarempa Tersedia Alat Ge-Nose

Katanya, persoalan sebab dan akibat masih dalam tahap penelusuran oleh pihak kompeten. Saat ini jaringan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas terkoneksi ke jalur Kalimantan sebab dari jalur Batam alami gangguan.

“Hal ini bukan pertama kali kejadian seperti ini. Bisa jadi kabelnya putus akibat tertabrak kapal yang melintas laut Batam dan sekitarnya,” ujarnya.

Lanjut dia, butuh waktu yang panjang untuk memulihkan kembali kabel yang putus tersebut. Akan menyita waktu selama 30 hari sejak kabel putus.

Baca Juga:  Koramil 02 Tarempa Ikut Cegah Penyebaran Covid-19

“Untuk perbaikan bukan menjadi kewenangan pihaknya. Hal itu dilaksanakan oleh pihak kompeten yakni dengan program Palapa Ring Barat. Kita tunggu saja tim teknisi pihak lain melakukan perbaikan,” tutupnya. (Fr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here