Beranda Kepri Anambas Susenas Adalah Survei BPS Paling Kompleks

Susenas Adalah Survei BPS Paling Kompleks

45
0
Anggota BPS saat lakukan survei

Ignnews.id,Anambas-Badan Pusat Statisk (BPS) Kabupaten Kepulauan Anambas kembali melaksanakan kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada Maret 2021.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Maret hingga 8 Maret 2021 dan diawali dengan listing/pendaftaran rumah tangga pada 52 blok Sensus terpilih. Sementara tanggal 10 mulai pencacahan wawancara hingga tanggal 31 Maret.

“Dari setiap blok dipilih 10 rumah tangga, sebanyak 52 blok yang terpilih, dan pendataan sebanyak 520 rumah tangga,” ujar Donny Cahyo kepala Badan Pusat Statiska (BPS), Rabu, (3/3/2021).

Baca Juga:  Antisipasi Covid-19 Moda Transportasi Bakal Dikurangi

Kegiatan ini melibatkan petugas lapangan yang terdiri dari pegawai BPS sebagai pengawas lapangan dan mitra BPS sebagai pencacah lapangan.

Ia mengatakan, kegiatan SUSENAS ini dilakukan untuk mengetahui tingkat ekonomi dan kesehatan masyarakat. Dari survei ini, juga bisa mengetahui tingkat kemiskinan masyarakat serta aktivitas rumah tangga lainnya.

“Proses wawancara dilakukan pada tanggal 10 Maret ke 520 rumah tangga, yaitu di seluruh 10 Kecamatan di Anambas, dari rumah tangga yang terpilih. Pihak lapangan akan melakukan pengumpulan data, jika sudah lengkap maka akan dikirim ke BPS, kemudian BPS akan menentukan sample untuk disurvei tahap selanjutnya,” terangnya.

Baca Juga:  Arus Listrik Minim, Jaringan Internet Alami Gangguan

Bisa dikatakan Susenas ini adalah survei BPS paling kompleks, dimana yang disurvei adalah tingkat pendidikan, kesehatan, konsumsi makanan, dan kondisi rumah.

“Hasil survei nantinya bisa digunakan sebagai pedoman menghitung bermacam-macam indeks, angka kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” tutupnya. (Ririn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here