Tahun Ini Zapin Penyengat Festival Kembali Dihelat

banner 120x600

ignnews.id,Tanjungpinang-Organisasi Pemuda Penyengat kembali menggelar Zapin Penyengat Festival. Rencannya akan digelar 4-5 Februari mendatang.

Festival sedianya akan dihelat di Balai Adat Penyengat dan Taman Gurindam 12 Kota Tanjungpinang.

Zapin Penyengat Festival ini menjadi lebih menarik, karena ikut disemarakkan lewat tari Gending Jalesveva Jayamahe yang bakal diikuti oleh 1.500 orang.

Tari ini adalah kreasi tari yang diolah dari Gending Jalesveva Jayamahe, lagu karya Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan dan dinyanyikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kegiatan Zapin Penyengat Festival mendapat sokongan penuh dari Lantamal IV Tanjungpinang.

“Dukungan yang kami tidak duga, tapi ternyata Danlantamal IV menyambut kami dengan tangan terbuka,” ujar Ketua OPP, Tohar Fahlevy.

Rangkaian Zapin Penyengat Festival tahun ini terdapat sederet lomba tari Zapin Penyengat dan tari Gending Jalesveva Jayamahe.

Tarian ini akan diikuti oleh para pelajar se-Tanjungpinang, dari tingkat SD sampai umum, termasuk di antaranya adalah lomba zapin kreasi garapan baru.

Perihal ini, Tohar menjelaskan OPP ingin Penyengat semakin masyhur tidak saja karena wisata sejarahnya, melainkan juga karena pelestarian keseniannya.

“Satu yang khas itu adalah Zapin Penyengat. Itu alasan kami menggelar lomba di tingkat pelajar,” ujarnya yang juga salah seorang pelestari Zapin Penyengat ini.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *