Tampung Angkatan Kerja, Mendagri Minta Kepri Permudah Izin Berusaha

Tito Karnavian selaku Mendagri RI ketika tiba di Kota Batam dan didampingi Gubernur Kepri, kemarin (foto istimewa)
banner 120x600

ignnews.id,Batam-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta agar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mempermudah izin berusaha.

Begitu juga kepala daerah di tingkat kabupaten-kota di Kepri. Sebab, pemerintah tidak mampu menampung seluruh angkatan kerja yang jumlahnya banyak hanya dengan mengandalkan belanja pemerintah. Mengakomodasi seluruh angkatan kerja tersebut perlu pelibatan sektor swasta.

Hal itu disampaikan Mendagri saat memberikan keterangan pers pada kunjungan kerjanya (Kunker) dalam rangka monitoring, evaluasi program, dan kegiatan strategis di Provinsi Kepri yang berlangsung di Marriot Hotel Harbour Bay, Kota Batam, Kamis (13/1) malam. Dalam Kunker tersebut, Tito memberikan arahan kepada Gubernur Kepri dan seluruh bupati/wali kota se-Provinsi Kepri.

Ia menjelaskan, untuk menarik sektor swasta salah satu kuncinya yakni dengan memberikan kemudahan bagi mereka dalam berusaha.
Dirinya mewanti-wanti agar Pemda tidak mempersulit izin pihak swasta yang hendak berusaha.

“Buat regulasi yang mempermudah, buat mekanisme yang mempermudah, kalau enggak nanti pengusahanya akan lari,” ujarnya.

Menrutnya, kemudahan berusaha dapat memacu para investor untuk berebut investasi di Kepri. Dengan begitu, seluruh angkatan kerja yang dimiliki Kepri dapat memiliki pekerjaan, sehingga membuat pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut dapat kian meningkat.

Di lain sisi, ia juga mengingatkan, agar jajaran pemerintah setempat dapat memperhatikan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *