Tanjungpinang Raih Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes

Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan,S.Sos saat menerima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes RI
banner 120x600

IGNNews.id,Tanjungpinang – Pemko Tanjungpinang memperoleh sertifikat bebas frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sertifikat tersebut diterima langsung oleh Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan,S.Sos dari Menkes RI sempena Peringatan Neglected Tropical Diseases (NTD) pada Rabu(6/3) di Grand Sahid Hotel, Jakarta.

Hasan mengatakan raihan sertifikat tersebut berdasarkan penilaian Kemenkes melalui serangkaian assesmen oleh tim atas hasil dan upaya pengendalian frambusia yang dilakukan Kota Tanjungpinang.

“Pengendalian dilakukan dalam bentuk edukasi atau sosialisasi, pengendalian faktor resiko dan surveilans yang berkesinambungan,” kata Hasan, Kamis (7/3).

Disampaikan Hasan, melalui skrining 18.731 anak usia kurang dari 15 tahun pada tahun 2023 yang berasal dari 85 SD, 10 SMP, posyandu, dan pemukiman kumuh hanya menemukan 293 suspek dan setelah dilakukan tes dengan metode Rapid Diagnistic Test (RDT) hasilnya semua negatif.

“Setelah diterimanya sertifikat bebas frambusia ini, bukan berarti kegiatan selesai tetapi masih dibutuhkan komitmen lanjutan,” ungkap Hasan.

Ia menambahkan komitmen pasca penerimaan sertifikat bebas frambusia tersebut adalah menggerakkan pemangku kepentingan untuk kolaborasi dan penyampaian pelaporan nol kasus.

Kemudian menggerakkan masyarakat mencegah kembali melalui promosi kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan penyediaan sarana air bersih.

“Kita harus menjamin sumber daya berupa petugas kesehatan dan kader terlatih serta anggaran guna melaksanakan tata laksana dan surveilans dengan kinerja baik,” demikian Hasan.(Dinas Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *