Tingkatkan efisiensi dan produktivitas pembangunan, Pemda Jalin MoU Dengan UNPAD

banner 120x600
Usai penandatanganan Kerjasama MoU antara Pemda dan UNPAD

Ignnews.id, Natuna – Guna menciptakan Sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam menyelaraskan lima fokus pembangunan Natuna sesuai arahan Presiden Republik Indonesia yaitu, Pertahanan, Minyak dan Gas, Perikanan dan Kelautan, Pariwisata dan Lingkungan Hidup.

Pemerintah daerah berupaya menjalin kerjasama atau MoU dengan sejumlah universitas salah satunya bersama Pusat Riset Inovasi Sumberdaya Universitas Padjadjaran, Jawa Barat. Jumat (1/4/2022) pagi.

Bupati Natuna Wan Siswandi pada kunjungannya menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan Focus Group Discussion. Dan beliau menjadi Keynote Speaker yang secara khusus memaparkan Perencanaan Pembangunan dan Potensi Kabupaten Natuna.

Lanjutnya, sebagai penguat pembangunan, program yang dicanangkan pemerintah berkiblat dari lima sektor unggulan sesuai dengan arahan pemerintah pusat.

“Untuk saat ini, beberapa yang sedang dibangun dan akan segera direalisasikan diantaranya di bidang pertahanan, saat ini sedang dibangun PLBN di wilayah Serasan, Dibidang Pariwisata saat ini Natuna telah ditunjuk sebagai Geopark Nasional, lalu juga dibidang Perikanan dan Kelautan Natuna sedang dicanangkan sebagai poros maritim dunia, sedangkan dari sektor Migas kita tidak hanya fokus pada sumberdaya alamnya tapi juga pada Sumberdaya manusia. Jadi Senin lalu kita sudah tanda tangan MoU dengan PEM akamigas untuk beasiswa anak daerah untuk menempuh ilmu khusus di bidang Migas,” paparnya.

Bupati Natuna mendapatkan cinderamata dari UNPAD

Bupati Wan Siswandi juga memaparkan, selain sejumlah pembangunan yang merujuk pada program pemerintah pusat, pemerintah daerah juga terus melakukan berbagai upaya perbaikan pembangunan dibeberapa sektor. Hal ini cukup penting guna penunjang keselarasan pembangunan tersebut.

“Pembangunan itu diantaranya, pembangkit tenaga listrik yang hingga kini masih sangat terbatas, lalu krisis air diwilayah Natuna ini perlu menjadi perhatian pemerintah daerah, ditambah lagi jalan yang masih satu jalur. Jadi pemerintah daerah Natuna saat ini tidak hanya bicara soal gagasan dan rencana pembangunan, tapi bagaimana program ini dapat diwujudkan dengan dukungan fasilitas dan prasarana yang memadai,” ucapnya.

Bupati Natuna Wan Siswandi saat memaparkan potensi SDA Kabupaten Natuna

Sementara itu, Wakil Rektor Prof.Dr.Ir. Hendramawan menyampaikan bahwa akademisi dan praktiksi punya peran dan porsinya masing-masing yang sama penting dalam mendukung pembangunan Indonesia.

“Saya yakin Natuna memiliki potensi yang luar biasa,” ungkapnya.

Dia berharap, adanya gabungan gagasan antara praktisi dan akademisi dapat melahirkan inovasi yang dapat disumbangkan dalam ide pembangunan daerah khususnya Kabupaten Natuna.

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama unsur OPD berfoto bersama direksi dari UNPAD

Usai penyampaian materi terkait Pembangunan dan Potensi Kabupaten Natuna, langsung di buka sesi Focus Group Discussion dan dilanjutkan dengan pelaksanaan penandatanganan MoU antara Bupati Natuna dan Rektor universitas Padjadjaran di executive lounge Universitas Padjadjaran. Laporan (Hardi/Fer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *