Natuna  

UAS Kembali Ramaikan Hari Jadi Ke 24 Kabupaten Natuna Di Pulau Midai

banner 120x600

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Ustadz H. Abdul Somad saat mengisi tausiyah di Kantor Bupati Natuna

Ignnews.id Natuna – Sesuai agenda akhirnya Ustadz H. Abdul Somad tiba kembali di Kabupaten Natuna dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 24 Kabupaten Natuna. Kedatangan kali ini UAS akan melaksanakan Tabligh Akbar di Pulau Midai pada Jum’at malam 27 Oktober 2023.

Namun sebelumnya, UAS memberikan ceramah tentang Kajian Penguatan Aqidah ahlussunnah Wal Jamaah kepada seluruh jajaran ASN dilingkungan Pemerintah kabupaten Natuna.

Bupati Natuna, Wan Siswandi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai paham Aswaja kepada jajaran Pemda Natuna sehingga nantinya akan menjadi muslim yang terus berkembang dalam hal keyakinan, ketakwaan kepada serta berakhlak mulia dalam kehidupan individual maupun bermasyarakat.

Ia menambahkan, Ahlussunnah Wal Jamaah diyakini sebagai pilar utama Islam yang mempertahankan ajaran Islam murni. Mereka berpegang pada pemahaman awal Islam yang dibawa Nabi Muhammad dan para sahabatnya.

“Akan banyak ilmu dan manfaat yang akan kita dapatkan, untuk itu mari kita dengar dengan seksama ceramah yang akan di sampaikan oleh Ustadz Abdul Somad dan kita ambil hikmahnya,” tutup Bupati.

Ustadz H. Abdul Somad dalam ceramahnya menyampaikan Ahlussunnah wal Jamaah adalah seseorang dalam Aqidah/Tauhidnya menganut kepada Abul Hasan Al-Asy’ari, dalam Syariah/Fiqih menganut madzhab Syafi’i dan Tasawufnya imam Al Ghazali.

Ia menambahkan, definisi Ahlussunnah itu cukup kenali ulama-ulamanya, imam-imamnya dan amal-amalnya serta menjaga persatuannya supaya selamat dari kelompok-kelompok khawarij, murji’ah, muktazilah, qadariyah, jabariyah, Wahabi dan berbagai macam aliran-aliran sesat yang dari zaman nabi sampai zaman sahabat zaman tabiin sampai zaman sekarang.

“benteng yang menjaga Indonesia, menjaga bumi Melayu menjaga Natuna itu adalah ilmu pengetahuan terutama bahasa arab, untuk itu mari kita arahkan anak-anak kita ke pesantren dan sekolah islam agar mereka memiliki pengetahuan tentang keagamaan yang baik,” sebutnya.

Selain itu,ia juga mengajak jajaran Pemda dan masyarakat Natuna untuk selalu menolong agama Allah.

“Gimana cara menolong agama, tidak perlu masuk berfatwa menafsirkan ayat tapi dengan membangun pondok pesantren atau mengirim ke anaknya ke Timur Tengah agar menjadi seorang yang paham akan agama,” paparnya.

“Jangan pernah takut untuk menyekolahkan anak ke pesantren, karena sejatinya sekolah keagamaan lah yang akan menolong agama bukan sekolah umum,” tutupnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sudirman mengatakan, kedatangan UAS kali ini dalam rangka mengisi tausiyah dalam Tabligh Akbar bersama masyarakat Pulau Midai.

“Kegiatan Tabligh Akbar di Pulau Midai ini merupakan keinginan Bupati Natuna, supaya masyarakat di luar pulau Bunguran besar juga dapat menikmati rangkaian peringatan hari jadi kabupaten Natuna ke 24. Makanya kita adakan disana,” jelasnya.

Tambahnya, keinginan pemerintah daerah para penceramah kondang ini bisa mengisi tausiyah disejumlah kecamatan, namun dikarenakan jadwal mereka yang cukup padat sehingga tidak bisa disesuaikan bertepatan hari jadi Kabupaten Natuna.

Sebelumnya kita sudah mencoba mengajukan permohonan kepada manajemen UAS namun ternyata beliau banyak agenda. Beruntung kita dapat ditanggal 27 Oktober ini. Makanya beliau tidak bisa mengisi tausiyah di Pantai Piwang,”pungkasnya.

 

Narasi dan foto : (Hardiansyah).

Bupati Wan Siswandi dan Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda saat menjamu makan siang bersama Ustadz Abdul Somad
Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Ustadz Abdul Somad saat menghadiri Tabligh Akbar di Pulau Midai

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *