Natuna  

Wabup Galakkan Jumat Bersih di DAS

banner 120x600
Wabup Rodhial Huda memantau langsung kegiatan Jumat bersih (Ft. Istimewa)

Ignnews.id, Natuna – Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda akan terus galakkan kegiatan jum’at bersih, diwilayah kabupaten Natuna. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengerti akan pentingnya kebersihan lingkungan, Jumat pagi (4/11/2022).

Kali ini kegiatan Jumat bersih dilakukan di Daerah Aliran Sungai (DAS), Air Mulang Kelurahan Bandarsyah, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri.

Kegiatan bersih-bersih DAS Wabup didampingi sejumlah OPD diantaranya Kadis Lingkungan Hidup beserta jajarannya, Kabid Pengairan PUPR beserta Jajaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Para tim kebersihan lingkungan siap-siap melaksanakan kegiatan Jumat bersih (Ft. Istimewa)

“Kita ingin rumput-rumput dan kayu mati di bantaran sungai agar dibersihkan supaya tidak memperlambat lajunya air ketika musim hujan dan bisa menyebabkan banjir,” ungkap Rodhial.

Wabup Rodhial menyampaikan, bahwa kebanyakan orang terlihat sudah menjadi kebiasaan membuang sampah dari dalam mobil, namun hal tersebut malah menimbulkan dampak bagi wilayah yang terkena dampak dari pembuangan sampah tersebut.

“Kalau buang sampah dari mobil memang mobilnya bersih, tapi malah dampak sampah yang dibuang itu berakibat buruk bagi lingkungan. Makanya kita perlu sadar bahwa bersih itu sebagian dari iman,” ucapnya.

Wabup Rodhial Huda saat memberikan arahan (Ft. Istimewa)

Hal yang sama disampaikan oleh Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum, Nanang Agus Hidayat, bahwa saat ini pinggir DAS air mulung sudar tertutup rumput dan kayu maupun dahan mati didalamnya.

“Kalau bisa kayu yang terpendam di sungai bisa diangkat, jika tidak diangkat akan menjadi terhalang sampah yang pada akhirnya akan terhambatnya lajunya air,” tutupnya. Laporan (Hardi/Fer).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *