Wacana Provinsi Khusus Natuna Anambas Kembali Santer

Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Amhar saat diwawancara sejumlah wartawan (foto istimewa)
banner 120x600

ignnews.id,Natuna-Sempat hening pasca Pilkada sebelumnya terkait wacana pembentukan Provinsi Khusus Perbatasan Indonesia Bagian Utara Indonesia yakni Natuna dan Anambas, kini muncul kembali dari suara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Daeng Amhar bahwa Natuna Wajib Dipimpin di level Gubernur bukan Bupati lagi.

Ia memiliki pandangan terkait sudah layak Natuna dan Anambas menjadi Provinsi dinilai dari banyak sekali aspek yang dapat menunjukkan bahwa Natuna itu besar. Aspek itu meliputi aspek luas wilayah, rentang kendali yang berjauhan dan ditambah lagi dengan bentuk wilayahnya berupa kepulauan serta sumber sumberdaya alam yang berlimpah.

“Hal yang serumit dan kebijakan nasional harus diambil kebijakan selevel Gubernur dalam penanganan Natuna. Belum lagi berbicara tentang persoalan yang ada seperti persoalan illegal fishing dan potensi persolan tindak kriminal lainnya di laut karena perairan Natuna merupakan jalur yang ramai dilalui bahtera dunia,” cetus dia.

Oleh karena itu, Amhar mengaku apresiatif dengan perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Natuna dan Anambas untuk mewujudkan dua wilayah ini sebagai provinsi baru di Indonesia.

“Impian ini harus didukung oleh semua elemen dan semua pihak. Pemerintah Pusat harus berani membuat kebijakan terkait hal tersebut,” tukasnya. (Har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *