Beranda Headline Warga Desa Penuba Kagum Divaksin Diatas KRI Semarang-594

Warga Desa Penuba Kagum Divaksin Diatas KRI Semarang-594

47
0
Kapal sekoci milik KRI Semarang-594 yang mengangkut masyarakat Desa Penuba, Kabupaten Lingga untuk divaksin diatas kapal KRI Semarang-594.

ignnews.id,Lingga-Kapal KRI Semarang-594 mendatangi perairan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tepatnya di perairan Desa Penuba, Kamis (26/8) pekan lalu.

Kedatangan kapal amfibi andalan TNI Angkatan Laut tersebut, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi masyarakat maritim yang tinggal di garis pantai pulau-pulau terluar.

Untuk itu, KRI Semarang-594 lego jangkar di tengah laut dan menjemput masyarakat menggunakan kapal perahu sekoci ke daratan untuk naik ke kapal.

Warga pun dengan senang hati dijemput, karena divaksin diatas kapal perang milik TNI AL.

Karena bisa melihat pemandangan yang tentunya tak biasa, warga juga merasakan sensasi serta kebanggaan tersendiri karena menaiki salah satu kapal perang kebanggaan TNI AL dari unsur pendukung
amfibi.

Baca Juga:  BWS Sumatera IV Kementerian PUPR Segera Bangun Embung

Tidak hanya terhadap masyarakat maritim yang berada di pesisir pantai dan di pulau-pulau terluar, namun juga kepada masyarakat yang tinggal antarpulau diberikan vakasinasi diatas kapal KRI Semarang-594.

Sejumlah masyarakat maritim yang berada di Desa Penuba Lingga yang akan divaksin diangkut dengan kapal sekoci KRI Semarang-594 secara bergilir.

Tujuannya, agar tidak terjadi kerumunan pada pelaksanaan vaksin diatas KRI Semarang -594 untuk mematuhi protokol kesehatan.

Dari usia remaja, usia dewasa dan usia lansia berhasil divaksinasi atau total sebanyak 228 orang.

Warga yang akan divaksinasi Sinovac, maupun Astra Zeneca dilayani juga untuk dosis satu dan dua oleh Nakes dan vaksinator dari Puskesmas Penuba.

Baca Juga:  Tiang Lampu Tumbang Kuat Dugaan Ditiup Angin

Asops Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Agus Izudin mewakili Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han. mengatakan, kegiatan pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat maritim baik yang di pesisir pantai dan pulau terpencil adalah bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut akibat pandemi Covid-19.

“Hal tesebut sesuai dengan perintah dari bapak Kasal, agar kita TNI Angkatan Laut harus tetap peduli terhadap nelayan yang sedang melaut. Karena para nelayan juga harus menerima vaksin, untuk menjaga kekebalan tubuhnya dari Covid-19,” ungkap Kolonel Laut (P) Agus Izudin.

“Diharapkan kita dapat melayani vaksinasi kepada masyarakat maritim, karena kesehatannya penting untuk diri sendiri maupun untuk keluarganya. Kami juga memberikan paket sembako, untuk membantu pemenuhan kebutuhannya,” pungkas Kolonel Laut (P) Agus Izudin.

Baca Juga:  Vaksinasi Tahap II Anambas Telah Digelar

KRI Semarang-594 dibangun oleh PT PAL Indonesia (Persero), dan diserahterimakan kepada TNI AL pada 21 Januari 2019 lalu di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya.
Kapal tersebut, memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) jajaran Koarmada I dibawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib).

KRI Semarang-594 merupakan salah satu dari tiga kapal LPD yang dipesan TNI Angkatan Laut, dari dua unit kapal sebelumnya yaitu KRI Banjarmasin-592 dan KRI Banda Aceh-593.

Kapal tersebut memiliki fungsi untuk membantu distribusi militer baik logistik, peralatan dan perlengkapan militer, serta difungsikan sebagai Kapal Rumah Sakit untuk bantuan bencana alam. (ahn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here