Beranda Info Alexa Rank Website, Cara Cek dan Manfaatnya

Alexa Rank Website, Cara Cek dan Manfaatnya

33
0
alexa-rank-website

Ignnews.id – Alexa Rank Website, merasa pernah mendegar istilah ini? Atau jangan-jangan kalian sudah menggunakannya sejak pertama membuat blog atau portal atau website lainnya.

Bagi kalian yang membutuhkan informasi tentang posisi blog atau situsmu di tengah persaingan dunia maya, bisa menggunakan tool yang disediakan oleh Alexa rank website. Fitur ini memang digunakan untuk mengukur sebuah kesuksesan website.

Biasanya ditentukan oleh berapa banyakkah sih pengunjung website yang datang. Pengunjung tadi merupakan orang lama yang selalu membaca konten kalian atau baru pertama kali, akan terjawab oleh tool ini.

Mengaku deh, tidak jarang masih ada orang yang belum tahu bagaimana mengukur dan juga meghitung hal tersebut. Artikel ini memang dibuat untuk membantu bagaimana menggunakan Alexa Rank Website.

Alexa Rank Tools

Alexa Rank adalah sistem rangking berdasarkan skema peringkat dari traffic yang ada dalam sebuah website atau blog. Ini dapat digunakan untuk menerima seluruh pengunjung websitemu, hanya dengan menginstal Alaxe di toolbar. Kelebihannya, data pengunjung dan jumlah halaman akan digabungkan.

Sekadar info, Alexa merupakan perusahaan yang berasal dari California yang berdiri pada tahun 1996. Tiga tahun kemudian dibeli oleh Amazon.

Tools Alexa juga dirancang untuk fokus pengumpulan data traffic dari sebuah website atau blog. Tool untuk data pengumpulan jumlah pengunjung sebuah blog ini bukan satu-satunya produk Alexa. Namun ia yang paling populer.

Baca Juga:  Agar Tahan Lama, Begini Cara Merawat Jas

Membaca ranking di Alexa sangat mudah. Yang harus dicatat, semakin kecil nilai blog atau website kalian yang ada di Alexa artinya semakin bagus peringkatnya. Jadi hampir sama dengan rangking saat sekolah, yang pinter-pinter rangking satu atau dua.

Bagi pemilik website, penting menggunakan Alexa Rank Website sebagai alat untuk mengukur seberapa populerkah konten kalian dibanding website tetangga sebelah. Bukan untuk meniru habis-habisan, apalagi copas. melainkan sebagai penambah semangat untuk berkpmetisi secara sehat.

Cara Cek Rangking Situs

Setelah mengetahui kegunaan Alexa Rank Website, sekarang kalian pun bisa melakukan cek perongkat alexa untuk situsmu sendiri. Untuk melakukan pekerjaan ini tidak harus mengunduh file apapun lalu melakukan instalasi. Cukup hanya dengan mengunjungi website resmi Alexa Rank.

Beginilah langkah-langkahnya:

  • Pertama kali masukkan atau tuliskan nama domain dari website yang ingin kalian ketahui rangkingnya.
  • Langkah berikutnya klik kotak find.
  • Secara otomatis akan keluar data dari hasil nama domain seperti kalian masukkan pada langkah pertama.

Pada laporan yang dihasilkan, akan dapat diketahui keyword opportunity. Ini sangat penting bagi kalian, sebab di sinilah Alexa memberitahu kata kunci apa yang paling banyak dicari orang di website kalian.

Kata kunci atau keywordnya juga dibagi menjadi beberapa jenis. Yakni eywords Gaps; Buyer Keywords, Easy-to-Rank Keywords, Optimization opportunities.

Lainnya, juga diperlihatkan Data Analysis dari pesaing kalian. Tentu saja untuk website yang sejenis. Misalnya websitemu tentang kesehatan ya pesaingnya untuk konten sejenis.

Baca Juga:  Produsen Mobil Listrik Tesla Mau Bikin Pabrik di Jateng

Selain itu, Alexa Rank Website juga melaporkan Audience Analysis yang merupakan suatu perangking dalam sebuah pencarian website. Banyak informasi berharga di bagian ini. Gunakan sebagai dasar untuk mengetahui informasi tentang pengunjung website atau blog kalian.

Cara Kerja Alexa Menyusun Rangking

Dijelaskan oleh Alexa, rangking website yang dihasilkan dilakukan dengan mengkombinasikan jumlah visitor setiap harinya dengan jumlah halaman yang diperoleh sebuah website dalam tiga bulan terakhir.

Data yang dikumpulkan menggunakan satu dari 25,000 extension browser di Google Chrome, Firefox, atau Internet Explorer. Tentu saja yang menginstal script Alexa di dalamnya. selanjutnya Alexa menggunakan algoritma mereka untuk memberikan data yang akurat.

Di luar itu, ada beberapa website yang memiliki coding Alexa di websitenya. Hal ini memudahkan Alexa tahu berapa banyak orang yang datang ke website.

Keakuratan Alexa Rank Website

Tentang hal ini masih menjadi perdebatan. Ada yang menganggap bahwa Alexa menyediakan data yang cukup bisa dipertanggungjawabkan. Sementara yang lain masih melengkapi survei rangking websitenya dengan manggabungkannya dengan Google Analytics.

Mereka yang belum yakin keakuratannya beralasan Alexa belum bisa mengumpulkan data akurat dan real-time. Hal ini berdasarkan kenyataan tidak semua pengguna internet menginstall extension yang memiliki script Alexa di dalamnya.

Baca Juga:  Batik Sasirangan Jadi Buah Tangan dari Banjarmasin

Bukan hanya itu, tidak semua website memasukkan script Alexa ke dalam website mereka agar bisa dilacak oleh Alexa. Jadi data yang dikeluarkan sebenarnya berasal dari sumber yang terbatas.

Alexa, bagi banyak orang, juga belum dianggap benar-benar transparan soal urusan rangkingisasi website. Mereka belum blak-blakan soal data yang mereka hasilkan, bagaimana menghitung metriknya.

Pengguna hanya tahu bahwa mereka menggunakan dua metrics yaitu pengunjung harian dan page dalam 3 bulan terakhir. Dan itu semua belum dianggap cukup.

Jika pertanyaannya apakah Alexa dianggap penting, jawabannya tergantung pada kebutuhan masing-masing orang.

Manfaat Alexa Rank

Terlepas dari perdebatan yang terjadi sampai sekarang, Alaxe memberikan beberapa keuntungan yang dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Alexa mengambil alih fungsi alat intelijen untuk melakukan pengecekan terhadap blog atau website kalian.
  • Melihat kompetitor atau pesaing mengenai kepopuleran sebuah website di dunia maya.
  • Sebagai pembanding dari Google PageRank (semakin rendah nomor peringkat Anda, maka semakin baik).
  • Membantu kalian sebagai pemilik dan webmaster untuk meningkatkan kinerja dan potensi dari blog.

Dari hasil analisis Alexa, kalau hasil blog atau website kalian bagus, siapa tahu ada yang melirik dan menawarkan iklan. Dan tak sedikit yang menggunakan jasa orang soal cara meningkatkan alaxe rank.

Itulah tadi uraian tentang Alexa Rank Website, semoga bermanfaat. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here