Anak Daerah Sangat Mendukung Pemekaran Kabupaten Jemaja

banner 120x600

Ignnews.id, Anambas – Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008, Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Natuna dan termasuk didalam Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

 

Kabupaten Kepulauan Anambas yang disingkat (KKA) beribukota Tarempa. Sekarang ini KKA selama 11 tahun berdiri, segala pembangunan dan meningkatnya bertambahnya penduduk seiring berkembangnya zaman. Dengan begitu pemerintah daerah mempunyai tugas yang cukup banyak.

 

“Dengan adanya beberapa kendala dan rentan jarak dari Ibukota Tarempa, sudah layak mengajukan pembentukan daerah otonomi baru, salah satunya dengan membentuk kabupaten baru yaitu kabupaten Jemaja,” kata W. Alfiar sebagai putra daerah asal jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Senin (15/2/2021).

 

Ia mengatakan, saat ini masyarakat anambas khususnya masyarakat jemaja melihat peluang moratorium yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, dan ini memberi celah bagi pemekaran Kabupaten Jemaja, terhadap pemekaran kabupaten di papua sana.

 

“Ini momen penting, untuk mengajukan usulan pemekaran Kabupaten Jemaja dengan adanya peluang moratorium tersebut,”ucapnya.

 

Ia menjelaskan, tujuan dari pemekaran Kabupaten Jemaja ini salah satunya untuk memperpendek rentang kendali, sehingga muncul aspirasi untuk menjadikan gugusan Kepulauan Anambas sebagai daerah otonom tersendiri.

 

“Maka dari itu, keinginan masyarakat jemaja untuk menggapai impian yang selama ini diharapkan pemekaran kabupaten jemaja. Kami selaku anak daerah yang berdomisli dinatuna sangat mendukung Pembentukan daerah otonom, menurut UU Nomor 23 Tahun 2014 pasal 33-43,” paparnya.

 

Ia mengharapkan, pemekaran Kabupaten Jemaja merupakan daerah yang strategis serta berhadapan langsung dengan negara tetangga yakni malaysia lagi pula berbatasan langsung dengan laut internasional.

 

“Jadi sudah sewajarnya pemerintah memperhatikan agar keinginan masyarakat bisa dapat terwujud,” harapnya. Laporan (Hrd).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *