Berbagai Kegiatan Dilaksanakan Pada Perayaan Bulan K3 & HGN Kawasan Industri BIE Lobam

Perayaan Bulan K3 dan HGN yang dilaksanakan di Kawasan BIE Lobam
banner 120x600

BINTAN – Dalam rangka merayakan dan menyemarakkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Hari Gizi Nasional, PT Bintan Inti Industrial Estate telah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang langsung menyentuh para pekerja di kawasan tersebut.

Mulai dari donor darah, seminar K3 & Hari Gizi Nasional, lomba senam kreasi, serta lomba poster K3. Keempat kegiatan tersebut diselenggarakan dengan mengikutsertakan perwakilan dari semua karyawan Perusahaan yang ada di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE).

Dengan tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja” perayaan kali ini dengan mengusung tagline “Pekerja Sehat, Industri Hebat”. Seluruh pihak yang berpartisipasi pun sangat antusias.

Kegiatan donor darah dalam rangka perayaan hari K3 dan HGN di BIE Lobam

Dimulai dengankegiatan donor darah dilaksanakan pada hari Selasa 31 Januari lalu di Wisma BIE. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Komunitas Donor Darah Bintan (KDDB) dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Engku Haji Daud. Kegiatan tersebut menargetkan 80 kantong darah. Sebanyak 107 peserta donor darah menghasilkan 70 kantong darah yang akan disalurkan langsung ke pasien-pasien yang membutuhkan.

Sementara itu kegiatan Seminar K3 & Hari Gizi Nasional dilaksanakan pada Selasa 7 Februari di Auditorium Wisma BIE. Pada kegiatan tersebut menghadirkan dua praktisi ahli di bidang kesehatan, yaitu dr Kurniawan sebagai Ketua IDI Cabang Bintan yang juga sebagai Kepala Puskesmas Teluksasah. Kemudian ada dr Zulkifli Dharma, Sp. Ok sebagai Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Rumah Sakit Awal Bros Batam yang memberikan materi terkait kesadaran gizi karyawan dalam upaya mencegah risiko stunting pada anak, serta pentingnya work life balance untuk meningkatkan semangat, produktivitas kerja sehingga dapat mencegah terjadinya risiko K3.

Acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah Daerah setempat yaitu dari Kadisnaker Provinsi Kepri Ir Mangara M Simarmata, M.AP, Kadisnaker Bintan Ii Santo, SH beserta jajarannya serta juga turut hadir GM PT BIIE, Aditya Laksamana beserta jajaran pimpinan departemen, pimpinan perusahaan dan sebanyak 119 orang perwakilan karyawan perusahaan.

Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari dan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Februari merupakan momentum yang sangat penting untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen berbagai pihak untuk bersama-sama membentuk gizi pekerja menuju bangsa yang sehat, berprestasi melalui gizi seimbang dan penerapan K3 yang sesuai dengan regulasi.

Sedangkan kegiatan lomba senam kreasi dan lomba poster K3 dilaksanakan serentak pada Kamis 9 Februari diikuti oleh perwakilan peserta dari Perusahaan-perusahaan di Kawasan BIE. Acara tersebut sangat seru karena semua peserta menampilkan performa terbaiknya serta masing-masing berusaha memiliki keunikan tersendiri untuk mendapatkan nilai yang tinggi dari para Juri.

Seusai penilaian, pemenang lomba senam kreasi adalah tim dari PT Esco (juara 1), PT BIIE (juara 2) dan PT A&One (juara 3), sedangkan untuk lomba poster K3 pemenangnya adalah PT Esco atas nama Nehemia & Hasrizal (Juara 1 & 2), PT Singatac atas nama Al Rasyid (juara 3). Sebagai informasi bahwa kedua lomba tersebut memperebutkan total hadiah senilai Rp 6,5 juta.

Aditya Laksamana, GM PT BIIE mengatakan jika semua rangkaian kegiatan Bulan K3 & Hari Gizi Nasional tersebut akan terus ditingkatkan pelaksanaannya untuk tahun depan baik dari segi materi seminar hingga lomba-lomba yang lebih seru serta menambah total hadiah yang lebih besar untuk menarik minat peserta lebih banyak.

“Tujuan utama rangkaian kegiatan dapat terwujud yaitu zero accident, zero stunting, produktivitas dan daya saing dapat terus ditingkatkan baik dilingkup individu, perusahaan hingga kawasan,” ucapnya. (aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *