Beranda Kepri Bintan Bintan Resort Raih Penghargaan Sertifikasi Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan

Bintan Resort Raih Penghargaan Sertifikasi Destinasi Pariwisata Berkelanjutan dan Maklumat Pariwisata Berkelanjutan

336
0
Abdul Wahab saat menerima langsung penghargaan dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang diserahkan langsung Menparekraf RI Sandiaga Uno di Bali, Selasa (27/9/2022) kemarin

BINTAN – Bintan Resort, pengelola kawasan pariwisata terpadu Lagoi meraih penghargaan sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan dan maklumat pariwisata berkelanjutan untuk tahun 2022-2025 yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barekraf) RI pada event World Tourism Day 2022 dalam rangkaian pertemuan G20 di Bali pada Selasa (27/9/2022) kemarin.

Penghargaan ini merupakan satu dari dua penghargaan yang sama yang diberikan ke Kabupaten yang ada di Indonesia. Bintan merupakan salah satunya yang mewakili Provinsi Kepri untuk penghargaan tersebut.

Usai menerima penghargaan tersebut, Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab mengatakan, penghargaan sertifikasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LS-Pro) yang ditunjuk oleh Kemenparekraf/Barekraf tersebut telah melakukan proses verifikasi dan sertifikasi ke kawasan wisata Bintan Resorts dengan hasil memenuhi syarat berdasarkan pedoman dan kriteria Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

“Pada Rapat Pleno dan Panel Reviewer Dewan Kepariwisataan Berkelanjutan Indonesia (ISTC) tersebut, dilaksanakan tanggal 10 September 2022 lalu. Lembaga ini kemudian mempertimbangkan dan memutuskan penetapan pemberian penghargaan berdasarkan surveillance dan monitoring, asesmen lapangan dan verifikasi tim auditor,” kata Wahab.

Ia juga merincikan, terpilihnya salah satu destinasi wisata terpadu yang terletak di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ini sebagai penerima penghargaan diawali dengan proses penilaian dan peninjauan oleh Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC).

Kriteria yang dinilai lanjutnya, terintegrasi dalam empat standar pariwisata berkelanjutan yang terdiri dari pengelolaan berkelanjutan, keberlanjutan sosial-ekonomi, keberlanjutan budaya dan keberlanjutan lingkungan dengan melihat penerapan 175 kriteria yang telah ditetapkan mengikuti standar Internasional oleh Global Sustainable Tourism Council (GSTC).

“Bintan Resorts dalam aktivitas operasionalnya, mengelola destinasi wisata di Pulau Bintan, telah memperhatikan dan menerapkan standar yang mendukung kepada keberlanjutan industri pariwisata, memberikan dampak sosial dan ekonomi. Semua hal tersebut dapat terselenggara dengan baik dan berkesinambungan dalam bentuk program-program yang dalam pelaksanaannya selalu merujuk kepada kebijakan aturan dan didukung oleh pemerintah daerah Kabupaten Bintan, semua pelaku wisata, operator hotel, pemangku kepentingan, komunitas dan lain-lain baik yang ada di dalam maupun sekitar kawasan Bintan Resorts,” terangnya.

Pihak pengelola dan seluruh stakeholder tambahnya, sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan dan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Bintan yang telah banyak membantu dalam mengembangkan destinasi wisata di Bintan termasuk Bintan Resorts.

“Tentunya hal ini terus menjadi daya dorong lagi bagi Bintan Resorts untuk semakin memberikan kualitas standar destinasi pariwisata yang unggul dan yang terbaik khususnya bagi Provinsi Kepulauan Riau dan Indonesia. Namun yang paling penting juga adalah tanggungjawab moral dalam mengelola pariwisata berkelanjutan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini, tanpa mengurangi terpenuhinya kebutuhan generasi di masa yang akan datang,” tutupnya.(aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here