BUMDes Sangat Penting Peningkatan PAD

Kades Langir Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas, Sumardi
banner 120x600

Ignnews.id,Anambas-Pentingnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah untuk peningkatan kesejahteraan perekonomian masyarakat dan pendapatan desa.

Pendapatan desa dari hasil usaha BUMDES sangat penting, karena dengan pendapatan tersebut desa akan memiliki kemudahan dana dalam melakukan pembangunan tanpa bergantung dari pendanaan pemerintah di atasnya atau pemerintah daerah dan pusat. Sehingga desa dapat mandiri dalam pendanaan.

Selain keuntungan secara langsung dalam bentuk pendapatan desa, Bumdes juga akan mengurangi pengangguran bagi masyarakatnya.

Kepala Desa Langir Kecamatan Palmatak, Sumardi yang baru dilantik pada tanggal 10 Januari 2020 silam mengatakan, bahwa Desa Langir belum dibentuk kepengurusannya.

“Saya tidak tahu kenapa pengurus Bumdes belum dibentuk. Padahal diketahui fungsi dan tujuan dari Bumdes sangat penting dalam menunjang pembangunan desa,” ungkap Sumardi selaku Kades Langir ketika ditemui, Rabu (4/11/2020).

Ia berjanji akan segera membentuk Bumdes Langir dengan mengumumkan perengkrutan tenaga pengurus Bumdes.

“Saya yakin jika ada Bumdes, akan membantu desa dalam mendapatkan pendapatan desa. Hal ini tentu butuh kerjasama yang kuat dari masyarakat,” sebut dia.

Kata dia, selama kepemimpinannya pembangunan yang sedang dilaksanakan yakni pembangunan akses jalan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pembangunan gorong-gorong dan saluran air lainnya.

“Anggaran Dana Desa sekitar Rp 1,2 Miliar. Saya berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam mendorong pembangunan desa yang berintegritas,” tukas dia. (Ririn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *