Cetak SDM Tempatan Yang Unggul, PT BIIE Beri Beasiswa Kepada 4 Pelajar

Aditya Laksamana didampingi Tamsir, perwakilan PBC dan SBTI saat menyerahkan beasiswa kepada salah seorang pelajar di Aula PT BIIE Lobam, Rabu (3/8/2022) oleh Aan
banner 120x600

BINTAN – PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) terus mengambil andil mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang bersaing di dunia kerja. Setelah memberikan beasiswa dan bantuan pendidikan untuk ribuan anak sekolah dasar dan menengah serta membuka Balai Latihan Kerja, kini perusahaan tersebut melirik beasiswa penuh untuk jenjang pendidikan tinggi.

Pemberian beasiswa untuk jenjang perguruan tingg mulai dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu. Sasarannya adalah anak tempatan Bintan yang akan diberi pendidikan gratis di bidang perhotelan. Empat pelajar yang mendapatkan beasiswa pendidikan penuh yaitu Dhimas F, Indah Kumalasari, Muhammad Haykal dan Dian Bintani.

Aditya Laksamana, General Manager PT BIIE mengatakan, beasiswa penuh tahun 2022 kali ini diberikan kepada 4 anak yang berada di wilayah Kecamatan Seri Kuala Lobam. Melalui program Community Development PT BIIE, pihaknya melakukan seleksi kepada pelajar yang berprestasi dan juga dari keluarga prasejahtera.

“Proses seleksi beasiswa ini kami lakukan cukup ketat, sehingga didapat 4 pelajar yang kami berikan beasiswa untuk jenjang D1 dan juga D3 di Politeknik Bintan Cakrawala dan Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) di Lagoi,” ungkap Aditya pada penyerahan beasiswa tersebut secara simbolis di Aula PT BIIE di Lobam, Rabu (3/8/2022).

Beasiswa ini lanjutnya, merupakan kepedulian PT BIIE untuk meningkatkan SDM lokal yang memiliki kemampuan yang unggul dan bersaing. Sehingga SDM lokal tidak hanya menjadi penonton di wilayahnya, melainkan menjadi pemain yang nantinya dapat mengusai jabatan-jabatan strategis di perusahaan.

“Hingga saat ini, sambungnya, total sudah ada 10 pelajar yang mendapatkan beasiswa penuh untuk jenjang perguruan tinggi. Kedepannya kami akan membuka beasiswa setiap tahunnya untuk 14 pelajar di Kepri atau 2 orang setiap kabupaten/kota. Nantinya kami akan sharing dengan pemerintah daerah agar program beasiswa akan lebih maksimal lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Tamsir, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan menyampaikan rasa terimakasih atas andil PT BIIE terhadap pendidikan di Bintan. Menurutnya, program bantuan beasiswa pendidikan tinggi kerap mendapatkan kendala aturan untuk kabupaten/kota. Sehingga pemerintah daerah hanya mampu untuk beasiswa jenjang pendidikan dasar dan menengah.

“Jangkauan kami untuk pendidikan tinggi belum terjangkau karena aturan. Sehingga langkah seperti beasiswa ini sangat berarti untuk membantu pemerintah Bintan,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk pengembangan pendidikan bukan semata tanggungjawab pemerintah sendiri, namun merupakan tanggungjawab bersama semua pihak, termasuk juga badan usaha.

“Pesan kami kepada anak-anak kami ini, tunjukan kemampuan tanggung jawab dan kemampuan untuk menempuh pendidikan. Tunjukkan kepada PT BIIE bila kalian adalah orang yang tepat sebagai penerima beasiswa ini,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan, pasar dunia kerja di Bintan yang merupakan sektor pariwisata dan industri perlu didukung dengan SDM yang handal, khususnya warga lokal, sehingga nantinya dunia kerja lokal akan dikuasai anak-anak lokal yang tentunya akan bangga untuk membangun daerahnya.

Dalam kegiatan penyerahan beasiswa secara simbolis juga dihadiri pihak PBC, SBTI, Kecamatan Seri Kuala Lobam dan juga orangtua atau wali pelajar.

Untuk diketahui juga, program Community Development PT BIIE selain di sektor pendidikan juga mengambil andil dalam program bantuan saat pandemi Covid-19 lalu. Selama 3 tahun terakhir ini, ribuan keluarga terdampak Covid-19 di Bintan mendapatkan bantuan bahan pangan.(aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *