Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Aman Dan Nyaman, Kawasan Industri Bintan Konsisten Gelar Bulan K3 Nasional

Atraksi penanganan kebakaran saat peringatan Bulan K3 di Kawasan Industri Bintan di BIE Lobam, baru baru ini
banner 120x600

BINTAN – Kawasan Industri Bintan sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang dilaksanakan pada bulan Februari 2024.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan antara lain apel bulan K3, donor darah, lomba poster K3, lomba video K3, seminar K3 dan senam kreasi sebagai acara final yang dilaksanakan pada saat penutupan acara.

Pelaksanaan apel K3 dihadiri langsung oleh Kadisnaker Provinsi Kepri, Kadisnaker Kabupaten Bintan, Kadis DPMPTSP, General Manager PT BIIE, Pimpinan Perwakilan Tenant Kawasan BIE, serta peserta diikuti perwakilan dari setiap tenant yang berada di dalam Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE).

Usai apel K3 dilanjutkan dengan penampilan drama pentingnya bekerja menggunakan APD sesuai peruntukannya oleh SMA Tunas Bangsa. Kemudian dilanjutkan dengan atraksi Tim Fire Safety PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE yang menampilkan cara penggunaan apar (racun api) serta penanganan kebocoran gas elpiji rumah tangga dan ditutup dengan senam pekerja sehat.

Foto bersama dinas tenaga kerja dan juga dinas terkait lainnya usai apel bersama dalam peringatan Bulan K3 di Kawasan Industri Bintan di Lobam

Setelah rangkaian acara apel, para peserta dan tamu undangan lanjut melaksanakan kegiatan donor darah hingga terkumpul 149 kantong darah. Ini merupakan rekor kantong darah terbanyak selama PT BIIE melaksanakan aksi Donor Darah.

Selanjutnya ada seminar K3 yang dilaksanakan dengan tagline “Cara Jitu Penerapan Safety Melalui Teknologi dan Pendekatan Psikologis” pada Rabu, 07 Februari 2024.

Seminar tersebut menghadirkan dua narasumber profesional yaitu HSE Management Specialist Bapak Sutrisno S, AB dari Yayasan Pendidikan Ikbal-M-Yos Batam dan Dokter Specialist Okupasi Dokter Liem Jen Fuk dari Prodia Batam untuk memberikan materi Penerapan safety melalui teknologi dan Pendekatan Psikologis melalui Promoting Safety Behaviors at Workplace. Acara seminar K3 tersebut diikuti sebanyak 144 peserta.

Donor darah yang dilaksanakan dalam peringatan Bulan K3 Nasional di Kawasan Industri Bintan di Lobam

Pada seminar tersebut juga diumumkan para pemenang lomba K3 yaitu juara 1 poster K3, video K3 dan lomba senam kreasi masing-masing dimenangkan oleh Herdiansyah dari PT Esco, Hendri dari PT BIIE, Tim happy & healthy dari PT I-PEX. Lomba-lomba tersebut telah diikuti dengan antusias oleh total 83 peserta dari berbagai tenant.

Aditya Laksamana, General Manager PT BIIE menyampaikan harapannya kedepan semua pihak dapat bersinergi, sehingga penerapan teknologi tepat guna pada perkembangan industri 5.0 dapat terus berkelanjutan, serta mampu meningkatkan awareness & change of mind akan pentingnya K3 agar tercapai zero accident, meningkatkan produktivitas dan daya saing tanpa mengorbankan keselamatan.

Ia menyampaikan, kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 ini didukung oleh berbagai pihak seperti PT CCI Bintan, PT Bionesia Organic Foods, PT Indo Gemilang Coconut Lestari, PT Singatac Bintan, Klinik IW, BPJS Ketenagakerjaan, Prodia, PT Amerta Indah Otsuka dan Cafe Kata Kita.

Aditya Laksamana, GM PT BIIE saat memberikan sambutan pada seminar Bulan K3 di Kawasan Industri Bintan di Gedung PT BIIE

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Semoga momentum Bulan K3 Nasional ini dapat menjadi inspirasi untuk terus meningkatkan standar K3 di Kawasan Industri Bintan,” ucapnya, Selasa (13/2/2024)

Ia menambahkan, soal K3 ini bukan hanya tanggung jawab perusahaan semata, namun juga merupakan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman dan sehat bagi semua. (Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *