Di Rembuk GIT, Wabup Osit Sampaikan Ketertiban Masyarakat Harus Terus Dibenahi Bersama

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith saat menghadiri Rembuk Gerakan Indonesia Tertib di Batam, Rabu (6/3/2024)
banner 120x600

IGNNews.id BINTAN – Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith menyampaikan jika ketertiban dalam bermasyarakat menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi bersama. Katanya kebiasaan kurang tertib dapat diubah asal kita memiliki komitmen bersama.

Ketertiban masyarakat katanya, merupakan pembangunam urat nadi SDM bangsa. Terlebih lagi Indonesia akan dihadapkan dengan bonus demografi di tahun 2045. Untuk itulah pentingnya kolaborasu antar Pemerintah Pusat, Kementerian/Lembaga hingga Pemerintah Daerah dalam melakukan inovasi maupun terobosan mempersiapkan SDM yang berkualitas.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith usai dirinya mengikuti Rembuk Gerakan Indonesia Tertib (GIT), Rabu (06/03/2024) di Ballroom Marriot Hotel Harbour Bay Kota Batam yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI.

“Sering kita lihat sekeliling kita, kalau untuk ketertiban masyarakat memang masih banyak yang perlu dibenahi di sana sini. Budaya antri, budaya tertib, budaya penegakan hukum, banyak yang perlu ditingkatkan. Cukup sulit ya kalau merubah kebiasaan, tapi bukan hal yang mustahil,” jelasnya.

Pembangunan SDM yang tengah dicanangkan dan digencarkan Pemerintah memang harus diiringi dengan budaya tertib di tengah masyarakat. Osit menyebutkan bahkan hingga hal terkecil sekali pun.

“Hal-hal kecil juga jangan sampai lewat. Misal tertib berkendara, on time dalam agenda, buang sampah di tempatnya terus juga antri, apalagi di ruang publik. Pelan-pelan harus dibiasakan,” imbuh Osit menambahkan.

Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dituntut untuk melakukan semua upaya dan inovasi untuk menghasilkan penyediaan pelayanan publik yang lebih transparan, tertib dan pasti. Selanjutnya perbaikan fasilitas dan budaya pelayanan yang lebih baik, sinergitas program dan kebijakan Pemerintah serta pembangunan infrastruktur yang lebih merata dan berkesinambungan. Dengan demikian, kesadaran untuk tertib yang diusung oleh GIT akan terbangun dan terbumikan secara sendirinya di masyarakat.

Pada pembahasan Rembuk GIT ini, dihasilkan poin utama dimana kebiasaan tertib sejatinya dimulai dari dalam keluarga. Mulai dari kebiasaan mengucap salam dan menyapa dengan tutur kesopanan, baru kemudian meningkat ke kehidupan bertetangga, bermasyarakat hingga berbangsa dan bernegara.(redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *