Beranda Uncategorized HarisWan Bangun Sinyal Daerah Perbatasan Dipusaran Asean

HarisWan Bangun Sinyal Daerah Perbatasan Dipusaran Asean

83
0
Foto Pantai Padang Melang Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas

Ignnews.id,Anambas-Akhirnya pihak Kementerian Komunikasi Informatika melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Telkom Group menunaikan janji Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas terkait peningkatan dan perluasan jaringan akses telekomunikasi dan jaringan internet terhadap kebutuhan dasar hidup masyarakat diwilayah Kawasan Strategi Perbatasan Negara (KSPN).

Abdul Haris sebagai Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, Telkom Group segera membangun Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL) fiber optik guna memperkuat akses internet maupun telekomunikasi diwilayah Kecamatan Jemaja dan Palmatak sekitarnya.

“Tim dari Telkom telah melakukan survei ke titik yang dimaksud dan mereka juga melakukan pergelaran landing point kabel optik yang menghubungkan dari Tarempa menuju Jemaja dan dari Matak menuju Tarempa,” ungkap Abdul Haris selaku Bupati Kepulauan Anambas kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Ia juga berupaya terus melakukan terobosan untuk kepentingan pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas yang lebih baik. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah kabupaten, Provinsi bahkan Pusat membuat mudah dan cepat pembangunan terwujudkan.

Baca Juga:  Anak Daerah Sangat Mendukung Pemekaran Kabupaten Jemaja

Sementara itu, Wan Zuhendra selaku Wakil Bupati Kepulauan Anambas mengatakan, hal ini bagian dari memenuhi visi misi mereka dalam mendorong pembangunan anambas. Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat agar ikut berperan serta dan pihaknya terus melakukan upaya-upaya melobi anggaran ke pemerintah pusat.

“Persoalan akses jaringan telekomunikasi dan internet saat ini sangat dibutuhkan. Hal ini bukanlah sesuatu barang mewah lagi, namun sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan masyarakat. Insallah akan segera dilakukan perluasan jaringan yang pelaksananya langsung oleh Telkom Group,” ucap Wan Zuhendra besutan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sedangkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal yang mengetahui terkait hal tersebut mengatakan, bahwa benar adanya tim dari Telkom Group telah tiba di dua wilayah tersebut. Saat ini masih tahap survei dan secara teknis sedang dilaksanakan oleh tim nantinya.

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Kunjungi Desa Langgir, Kenapa?

“Sudah pasti proses harus dilalui seperti proses perizinan, pemesanan kabel, pegelaran dan tahapan lainnya. Artinya terlaksana hal ini akan mengatasi kesenjangan digital dan mempercepat transformasi digital
dan tentunya dalam upaya mewujudkan anambas merdeka sinyal dalam percepatan pemanfaatan banckbone palaparing barat yang dibangun oleh BAKTI-Kemenkominfo Republik Indonesia,” jelas Jeprizal.

Ia menambahkan, selain melakukan perluasan jaringan, segera dilakukan pembangunan dua titik lokasi tower Bts reguler di Desa Teluk Sunting Kecamatan Siantan Tengah dan Desa Ladan Kecamatan Palmatak mendapatkan satu tower dalam peningkatan perluasan layanan sinyal 4G Telkomsel

Baca Juga:  Bupati dan Wabup Kunjungi Desa Langgir, Kenapa?

“Dimana kita ketahui sebelumnya juga Telkomsel sudah selesai membangun bts sinyal 4G di Kecamatan Siantan Utara dan di Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur bahkan sudah on air di awal tahun 2021,” sebut dia.

Lanjut Jeprizal menerangkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan bantuan program tower bts sinyal 4G yang akan dibangun oleh Kementrian Kominfo dalam program USO tower bts perbatasan sebanyak 12 titik lokasi yg tersebar di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, diantaranya 5 lokasi berada di pulau Jemaja dan 7 lokasi tersebar di Kecamatan Siantan Selatan, Siantan Timur, Siantan Utara, Siantan Tengah.

“Saat ini Pemda KKA masih menunggu jadwal tim survey dari BAKTI-Kemenkominfo tiba ke Anambas dalam menentukan titik lokasi yang akan dibangun. Kita targetkan Anambas akan Merdeka Sinyal,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here