Beranda Info Hasil Sementara Pilpres AS, Electoral Votes Biden Tinggalkan Trump

Hasil Sementara Pilpres AS, Electoral Votes Biden Tinggalkan Trump

39
0
trump-biden
Joe Biden dan Donald Trump, siapa menang? Foto - ilustrasi

Ignnews.id – Saat ini tengah berlangsung pemilihan Presiden Amerika Serikat. Petahana Dondld Trump bersaing dengan Joe Biden untuk mendapatkan kepercayaan publik.

Dikutip dari New York Times, Rabu (4/11/2020), perolehan electoral votes untuk Biden langsung melejit setelah dia diproyeksikan menang.

Biden diperkirakan unggul di negara bagian California, Oregon dan Washington yang ada di pantai barat AS. Diketahui bahwa California sebagai negara bagian terpadat di AS memiliki 55 electoral votes.

Pada hari ini waktu Amerika, hasil electoral votes untuk capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, terus meninggalkan Trump.

Baca Juga:  Fitur Vivo V20, Foto Blur Jadi Jernih

Penghitungan sementara NYT menunjukkan Biden kini unggul dengan 209 electoral votes, sedangkan Trump baru meraih 118 electoral votes.

Capres yang pertama mencapai 270 electoral votes akan memenangkan pilpres AS.

Namun untuk perolehan popular votes atau suara langsung dari pemilih, Trump lebih unggul. Masih dari NYT, Trump mendapatkan 47.117.049 suara (50,6 persen) sedangkan Biden hanya meraup 44.481.693 suara (47,8 persen).

Untuk diketahui, pilpres AS menganut sistem electoral college atau sistem keterwakilan. Dengan demikian perolehan electoral votes menjadi penentu kemenangan seorang capres. Dibutuhkan setidaknya 270 dari total 538 electoral votes untuk menjadi Presiden Amerika Serikat. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here