Hore… 16 April Besok Akses Jalan Raya Busung Sudah Dapat Dipergunakan Kembali

Humisar Siagian saat memantau proses penimbunan dan pemadatan pada proyek perbaikan gorong-gorong di KM 51 Jalan Lintas Barat di Desa Busung, Rabu (12/4/2023) foto oleh Aan
banner 120x600
banner 468x60

BINTAN – Akses Jalan Raya Busung dipastikan akan dapat dilintasi kembali pada 16 April besok. Jalur tersebut dipastikan dapat dipergunakan kembali setelah pengerjaan perbaikan gorong-gorong yang runtuh dipastikan akan segera rampung dalam beberapa hari ini.

Humisar Siagian, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Satker pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Kepri mengatakan, saat ini pengerjaan perbaikan jalan tersebut sudah mencapai 80 persen. Sehingga akses perbaikan jalan di Kilometer 51 Jalur Lintas Barat Tanjungpinang-Tanjunguban itu akan segera selesai dan dilakukan open traffic.

banner 325x300

“Saat ini kami sedang melakukan penimbunan badan jalan dan pengerasan menggunakan material batu dan tanah. Untuk beton gorong-gorong sudah dicek 100 persen sudah memenuhi standar dan kuat,” jelasnya di lokasi perbaikan pada Rabu (12/4/2023) sore.

Kondisi penimbunan dan pemerataan gorong-gorong yang diperbaiki di Jalan Raya Busung, Rabu (12/4/2023) sore, foto oleh Aan

Ia mengatakan, jika kondisi cuaca bagus, proses penimbunan dan pemadatan yang saat ini dilaksanakan akan selesai pada 15 April dan dapat langsung diaspal jika kepadatan penimbunan sudah sesuai ketentuan.

“Jika penimbunan ini sudah dalam ketentuan kepadatannya, maka akan langsung kami aspal, jalan pun dapat dipergunakan. Namun jika belum padat, maka tidak kami aspal, namun juga jalan kami pastikan tetap dibuka juga, tetapi pengaspalannya usai lebaran,” ungkapnya.

Saat ditanya kekuatan kondisi jalan, Humisar memastikan pada tanggal 16 April mendatang, kondisi gorong-gorong sudah kuat 100 persen. Namun untuk jenis kendaraan yang dapat melintas, ia memastikan jika itu adalah kewenangan dari Dinas Perhubungan.

“Kami sudah korodinasi dengan Dishub soal pembukaan jalan ini, tapi seperti apa kebijakan Dishub kan itu diluar wewenang kami, misalnya untuk kendaraan tertentu saja yang boleh melintas. Intinya kami di lapangan terus bekerja keras dan kejar target agar jalan ini dapat dipergunakan kembali,” tambahnya.

Sementara itu M Insan Amin, Kepala Dinas Perhubungan Bintan akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Bintan terkait akan dibukanya akses Jalan Raya Busung dan akan mempertimbangkan penggunaannya sesuai dengan spesifikasi kendaraan, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 mendatang.(Aan)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *