Beranda Kepri Anambas Jaringan Internet Anambas Hilang Total, Ada Apa?

Jaringan Internet Anambas Hilang Total, Ada Apa?

232
0
Tampak Tower milik sejumlah operator tidak memiliki jaringan internet dan telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas (foto Ignnews.id)

Ignnews.id,Anambas-Seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini merasakan dampak hilangnya jaringan internet dan telekomunikasi di sejumlah operator.

Akses jaringan wifi nusantara memiliki kapasitas bandhwicth sangat terbatas, tidak mampu secara maksimal menampung para penggunanya jaringan internet, namun perlu disyukuri hal itu bisa sangat membantu masyarakat memanfaatkan jaringan internet untuk kepentingan yang bersifat penting.

“Saya sangat merasakan dampak dari putusnya jaringan internet tersebut. Kenapa tidak usaha yang saya geluti secara keseluruhan membutuhkan jaringan internet,” ungkap Indra selaku Ceo IGNNEWS.ID kepada wartawan, Rabu (3/2/2021).

Ia juga menyampaikan, saat ini karyawan di perusahaan merasakan kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan seperti mengupload data, bahan berita dan sebagainya.

Baca Juga:  Gemerlap Malam Menguntungkan Pedagang Kaki Lima

“Sudah pasti sangat kesulitan, kita ketahui bersama jaringan internet dan telekomunikasi bukan menjadi barang mewah lagi, namun sudah menjadi kebutuhan dasar hidup masyarakat. Sejak hari Selasa (2/2/2021-hingga Rabu (3/2/2021) belum nyala jaringan. Belum ada pihak yang bisa memberikan keterangan terkait kapan akan bisa berselancar jaringan tersebut seperti biasanya,” ucap dia.

Sedangkan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal menjelaskan dalam rilisnya terkait akibat hilangnya jaringan internet dan telekomunikasi di seluruh Anambas yakni layanan Telkomsel, Telkom, Smartfren, XL Axiata dan layananan operator lain yg terhubung dengan backbone PalapaRing Barat telah terjadi gangguan layanan /off service sejak sekitar jam 13.30 WIB, Selasa (2/Februari 2021) hingga berita ini diterbitkan diakibatkan jalur kabel optik Palaparing Barat putus di 2 kaki/jalur

Baca Juga:  Besok Pesawat Mendarat Di Bandara Letung, Benarkah?

“Kaki pertama (Tarempa – Batam), submarine putus tanggal 21 Januari lalu (estimasi perbaikan clear 20 Feb 2021). Kaki kedua (Tarempa – Natuna), putus jam 13.30 tadi siang di jarak 4 km dari NOC PRB Ranai-Natuna,” ungkap Jeprizal ketika memberi penjelasanya, Rabu (3/2/2021).

Katanya, info dari pihak PRB perbaikan masih on progress, sehingga akses Telekomunikasi di wilayah Kepulauan Anambas blank siyal/gelap. Layanan yang bisa di gunakan akses telelekomunikasi sinyal telkomsel, Isat USO BAKTI-Kominfo yang ada di desa desa dan Akses intermet BAKTI-AKSI Vsat yg ada disekolah, Kantor Desa, Puskesmas dan wifi Publik lainnya yg tidak terhubung dgn Palaparing Barat.

Baca Juga:  Kagama Mendonasikan Kepada Korban Bencana

“Semoga perbaikan pekerjaan bisa cepat selesai dan jaringan sinyal bisa up dan normal kembali di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas,” ucapnya. (Fendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here