Kakak Adik Atlet Biliar Tanjunguban Akan Berlaga Di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Tiga atlet dan satu pelatih (Harmanto) yang akan berlaga di PON XXI mendatang di Aceh-Sumut 2024 mendatang, foto istimewa
banner 120x600

BINTAN – Andri (21) dan Albert Januarta (14), kakak beradik yang merupakan atlet biliar kelahiran Tanjunguban, Kabupaten Bintan, akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI, yang akan diselenggarakan pada 8 hingga 20 September 2024 mendatang di Aceh dan Sumatera Utara (Aceh-Sumut).

Tidak hanya Andri dan Albert Januarta saja, Hendy Lim (22) atlet biliar asal Kota Batam juga akan berlaga di PON XXI. Mereka bertiga lolos Pra PON dan akan mewakili nama Kepri pada iven olahraga terbesar nasional tersebut.

Kepastian keikutsertaan tiga atlet biliar Kepri itu, setelah dilakukan seleksi Pra PON yang dilaksanakan di Tangerang, Banten baru-baru ini.

Harmanto, pelatih sekaligus orang tua Andri dan Albert menerangkan, jika kedua anaknya dan Hendy akan berlaga di PON ke XXI Aceh-Sumut dengan target perolehan sebanyak dua emas untuk cabang olahraga (Cabor) tersebut.

“Kami targetkan dua emas. Andri dan Albert akan berlaga nanti di kategori 9ball dan 8ball tunggal. Mereka juga akan berpasangan untuk kategori tersebut. Kemudian untuk Handy akan berlaga untuk kategori snooker,” terangnya saat diwawancarai, Sabtu (18/11/2023).

Ia mengatakan, untuk persiapan PON mendatang, pihaknya dari Cabor biliar akan mengusulkan untuk laga ujicoba atau try out ke luar negeri. Selain itu juga, menjelang PON 2024 atlet biliar tersebut akan mengikuti pertandingan ke luar negeri.

“Kalau laga ujicoba snooker, akan kami usulkan ke Malaysia. Sementara untuk 9ball dan 8ball akan kami usulkan laga ujicoba ke Taiwan,” ucapnya.

Selain persiapan kemampuan, Harmanto juga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah Albert Januarta untuk memberikan dispensasi, agar atlet tersebut dapat mengikuti berbagai pertandingan dan pelatihan menjelang PON 2024 mendatang.

“Anak saya (Albert) saat ini duduk di bangku sekolah Kelas IX.4 SMPN 12 Bintan. Tentunya dengan ini kami sangat memohon dispensasi dan juga kelonggaran agar anak kami dapat berlatih dan bertanding hingga ke PON mendatang, untuk mengharumkan nama Kepri,” sebutnya.

Sebelumnya, pada PON Papua lalu, Andri berhasil meraih satu medali perak dan masuk dalam 8 besar di Sea Game 2023 lalu. Sedangkan untuk Albert dan Hendy, PON 2024 merupakan debut pertama.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *