Beranda Kepri Bintan Kampus PBC Wisuda Lulusan Perdana, Separuh Lebih Lulusan Sudah Direkrut Kerja

Kampus PBC Wisuda Lulusan Perdana, Separuh Lebih Lulusan Sudah Direkrut Kerja

485
0
Foto bersama usai prosesi wisuda perdana Kampus PBC di Auditorium PT BIIE Lobam, Bintan, Selasa (8/22/2022)

BINTAN – Kampus Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) secara resmi melakukan wisuda perdana kepada 31 mahasiswanya pada Selasa (8/11/2022) pagi. Bertempat di Auditorium PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Lobam, para wisudawan dan wisudwati di wisuda disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri Adi Prihantara dan sejumlah pejabat dari Kabupaten Kota lainnya di Kepri.

Selain dari kalangan pejabat pemerintah, hadir juga Vice President Director PT BRC Frans Gunara, CEO Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park, manajemen PT. BIIE, LAM Bintan serta pengurus Kampus PBC.

Adi Prihantara, Sekda Kepri mengatakan, pihaknya selaku pemerintah Kepri sangat bangga atas wisuda PBC yang perdana dilakukan sejak kampus tersebut resmi dibuka pada tahun 2019. Prosesi wisuda ini menurutnya memberikan arti penting bagi Bintan, khususnya dan juga Kepri pada umumnya.

“Kita ketahui sektor pariwisata di Bintan dan Kepri sangat penting untuk kemajuan daerah. Dengan adanya SDM dari PBC ini akan membantu pemerintah mencetak bibit unggul di dunia kerja” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya berterimakasih kepada PT Bintan Resort Cakrawala yang menginisiasi lahirnya PBC ini dan kini menjadi lembaga pendidikan berkualitas untuk mendidik anak-anak di Kepri.

“Kami juga berterimakasih atas peran serta 7 kabupaten/kota di Kepri yang memberikan beasiswa bagi putra-putri daerahnya. Pemprov Kepri juga setiap tahun memberikan beasiswa kepada mahasiswa Kepri dengan dua kategori yaitu berprestasi dan kurang mampu. Ini diberikan untuk memberikan dukungan peningkatan SDM di Kepri,” jelasnya.

Harapan pemerintah, sambungnya, para lulusan PBC ini dapat langsung beradaptasi dengan dunia kerja, berkolaborasi dengan berbagai pihak dan juga memberikan inovasi-inovasi serta kreasi, agar semakin berkualitas kompetensinya di dunia kerja.

Sementara itu, Aditya Laksamana, Ketua Yayasan Bintan Resort selaku pihak yang menaungi PBC mengatakan jika di Kampus PBC ada dua jenjang pendidikan yaitu D3 dan juga D4, Untuk lulusan D3 perdana ini ada dua Program Studi (Prodi) yaitu D3 Seni Kuliner sebanyak 16 orang dan dari Program Studi D3 Perjalanan Wisata ada 15 orang.

“Alhamdulillah dari 31 lulusan, 67 persen atau 22 orang diantaranya sudah bekerja di beberapa hotel di Bintan, Tanjungpinang dan Batam. Sisanya ada yang mencoba dunia usaha kuliner dan juga membuka usaha jasa perjalanan wisata,” jelasnya.

Ia mengatakan, bahkan beberapa lulusan sejak beberapa bulan lalu sudah direkrut hotel dan resor meski masih dalam jenjang perkuliahan. Hal ini karena beberapa hotel dan resor mengaku yakin dan tertarik untuk merekrut mahasiswa PBC.

“Mereka ada juga program 6 bulan magang. Usai magang beberapa bahkan sudah ditarik untuk bergabung. Saat wisuda ini mereka sudah berstatus karyawan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tidak hanya di Kepri, beberapa mahasiswa PBC yang kini masuk program magang juga ada yang mengikuti praktik kerja di luar negeri.

“Harapan kami tentunya anak-anak PBC dapat terus berprestasi, menjaga nama baik almamater, menjadi si’ar bahwa pendidikan itu sangat penting dan tentunya tetap mempromosikan PBC di seluruh lingkungan kerjanya dan juga daerahnya,” ucapnya.

Diketahui, Politeknik Bintan Cakrawala merupakan sebuah Perguruan Tinggi Vokasi Kepariwisataan pertama dan satu-satunya di Bintan yang berada di kawasan pariwisata Bintan Beach International Resort.

Perguruan tinggi vokasi yang memiliki jargon PBC Resort Campus ini, memulai perkuliahan perdana pada tahun 2019 sehingga pada tahun 2022 ini Politeknik Bintan Cakrawala menyelenggarakan wisuda perdana dengan tema “Berpikir Global, Berbudaya Lokal, Bekerja Optimal”.

Kini, Sebagian besar lulusan Politeknik Bintan Cakrawala juga sudah mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan ternama seperti PT BRC, Bintan Inti Executive Village, Club Med Bintan, The Sanchaya Bintan, Cassia Bintan, Banyan Tree Bintan, Nikoi Private Island, dan Best Western Premier Panbil (Batam).

Meskipun Politeknik Bintan Cakrawala merupakan kampus baru dan baru meluluskan 1 angkatan, namun Resort Campus ini memiliki banyak prestasi yang sangat membanggakan seperti antara lain prestasi regional yaitu, Juara 2 lomba Table top Batam Culinary Fest 2020, Juara 1 lomba essay ASPARNAS Kepri 2021, Juara 2 lomba guiding museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah oleh Dispar Kota Tanjung Pinang 2021, Juara 1 lomba video pendek PT ESCO 2021 Juara 1 lomba Table top SMT Fest 2022, Juara 2 Duta Bahasa Kepri 2021, Juara 2 Duta Bahasa Kepri 2022.

Sedangkan untuk prestasi nasional yaitu Juara 2 (olahan kuliner) pada event pekan Kreativitas Pemuda oleh Kemenpora 2022 dan prestasi internasional yaitu Perwakilan Indonesia pada event Dubai Expo 2020 dan Perwakilan Indonesia pada event World Cup Qatar .

Dibalik kesuksesan mahasiswa/i Politeknik Bintan Cakrawala, ada peran DUDI (Dunia Usaha dan Industri) dalam hal pengajaran. Hal ini dikarenakan tenaga pengajar di Politeknik Bintan Cakrawala bukan hanya berasal dari akademisi, namun juga berasal dari praktisi yang masih berkecipung di dunia usaha dan industri sehingga mahasiswa terus mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan trend di dunia kepariwisataan.(aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here