Beranda Headline Kesenian Tari Zapin Mencerminkan Budaya Melayu

Kesenian Tari Zapin Mencerminkan Budaya Melayu

474
0
Saat pelaku seni melakukan tarian zapin Kabupaten Kepulauan Anambas (dok Dinas Pariwisata anambas)

Ignnews.id,Anambas-Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki kesenian tari yang di kenal dengan tari zapin, tarian ini mencerminkan tentang kehidupan masyarakat lokal di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Tarian tradisional anambas pada umumnya sama dengan tarian Melayu Kepri pada umumnya misalnya tari zapin,” ungkap Samad, Amd selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Budaya KKA, Jum’at (30/04/2021).

Selain tari zapin, ia juga menyampaikan bahwa Anambas mempunyai beragam tarian yang dipersembahkan pada acara-acara tertentu seperti tari cecah inai dan tari persembahan.

Baca Juga:  Usaha Luti Gendang Tembus Manca Negara

“Tari cecah inai biasanya ditampilkan pada acara malam berinani pengantin dan tari persembahan ditampilkan di setiap mengadakan acara/event yang berhubungan dengan seni dan budaya serta ditampilkan pada saat penyambutan tamu,” ceritanya.

Ia berharap, tarian tradisional anambas dapat berkompetisi dan dikenal oleh masyarakat luas baik dari wisatawan lokal (Indonesia) maupun wisatawan mancanegata.

“Saya berharap seni tari anambas bisa berkembang melalui sanggar-sanggar seni di setiap desa dan semoga kedepannya kita juga dapat bersaing dan dikenal dalam tingkat nasional bahkan internasional,” harap dia. (Thalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here