Bintan  

Pagi-Pagi Hendak Cek Ikan Di Kelong, Nelayan Malah Temukan Buaya Besar

Buaya muara yang ditemukan nelayan Desa Pengujan usai dievakuasi dan akan dibawa ke penangkaran, Rabu (18/2/2022) foto oleh Zulfitri
banner 120x600

BINTAN – Warga dan Nelayan Dusun l RT 2 RW 1 Desa Pengujan, Kecamatan Telukbintan dikejutkan dengan temuan buaya muara berukuran cukup besar yang terjebak di dalam jaring kelong cacak salah seorang nelayan.

Buaya berukuran lebih dari 2 meter itu pun langsung menjadi perhatian warga. Seketika, warga dan perangkat desa langsung menghubungi pihak terkait dan berwenang untuk mengevakuasi buaya keluar dari dalam jaring kelong.

Kejadian tersebut terjadi di kelong cacak milik warga bernama Sal. Saat Rabu (18/5/2022) pagi sekitar pukul 06.00 WIB dia akan mengecek kelong penangkap ikan karena kondisi air laut surut. Bukan mendapatkan ikan, ia malah mendapatkan seekor buaya terjerat di dalam jaring kelong 2×2 meter. Ikan di dalamnya pun sudah habis disantap buaya.

Zulfitri, Kepala Desa Pengujan menjelaskan, buaya yang masuk ke dalam kelong cacak nelayan tersebut diperkirakan akan memburu ikan yang terjebak di dalam kelong.

“Mungkin dia kejar ikan. Tadi warga kami info pagi-pagi ada buaya. Jadi kami hubungi pihak terkait seperti Damkar, TNI Polri dan pihak terkait lainnya,” sebutnya.

Ia mengatakan, memang pernah beberapa kali ada buaya terjerak jaring dan kelong nelayan, tapi cukup jarang.

“Tadi udah dievakuasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, tadi udah dibawa karantina, mungkin dibawa ke Lagoi,” jawabnya.

Ia mengatakan juga, atas penemuan buaya ini, ia meminta semua pihak untuk berhati-hati saat beraktivitas melaut agar tak menjadi korban hewan reptil tertua di bumi itu.(aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *