PT Esco Bintan Hibahkan Alat Laboratorium Senilai Rp 1 Miliar Lebih Ke UMRAH Tanjungpinang

Penyerahan dokumen lima peralatan laboratorium dari PT Esco Bintan kepada pihak UMRAH Tanjungpinang di Senggarang, Kamis (28/12/2023) foto oleh Aan
banner 120x600

TANJUNGPINANG – PT Esco Bintan, salah satu perusahaan terkemuka di dunia yang beroperasi di Kawasan Industriasl Estate Lobam menyerahkan bantuan peralatan laboratorium senilai lebih dari Rp 1 miliar kepada Universitas Maritim Raja Haji Fisabilillah (UMRAH) Tanjungpinang.

Penyerahan alat yang merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan ini, dilakukan pada Kamis (28/12/2023) di Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMRAH di Senggarang, Tanjungpinang.

General Affair Manager PT Esco, Muhammad Zamri mengatakan, penyerahan peralatan penelitian laboratorium tersebut merupakan bentuk program perusahaannya untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi di Kepri.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut diharapkan akan memberikan kontribusi yang tepat untuk pengembangan UMRAH dan juga diharapkan kedepannya akan menghasilkan SDM yang berkualitas.

“Kami harapkan ini akan menjadi sarana yang baik untuk pengembangan pendidikan. Tentunya kedepannya kami berharap SDM jebolan UMRAH dapat bekerja di perusahaan kami nantinya,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sebanyak 5 peralatan laboratorium untuk pengembangan pendidikan dan penelitian seperti CO2 Incubator, Shaker, Laboratory Refrigerator, Ducted Fumehood dan Centrifuge. Kelima alat laboratorium tersebut akan menunjang penelitian untuk program pendidikan kimia dan juga perikanan di UMRAH.

“5 alat laboratorium ini merupakan 100 persen produksi dari tangan-tangan anak Indonesia, jadi asli buatan dalam negeri. Untuk diketahui juga, operator di perusahaan kami 99 persennya merupakan warga ber KTP Bintan, ini merupakan komitmen kami membangun anak negeri tempatan,” ungkapnya.

Penyerahan salah satu alat laboratorium dari PT Esco Bintan ke pihak UMRAH Tanjungpinang, Kamis (28/12/2023)

Atas penyerahan ini, lanjutnya, pihaknya juga berterimakasih kepada Pihak Kantor Bea dan Cukai Tanjungpinang teruntuk Kepala Kantor BC Tanjungpinang Bapak Tri Hartana SE, AK, MM dan Kepala BP Kawasan Kota Tanjungpinang Bapak Ikhsan Fansuri yang membantu proses pengiriman dan penyerahan alat laboratorium tersebut ke UMRAH Tanjungpinang.

Sementara itu, Dina Fitriyah, Sekretaris Prodi Pendidikan Kimia FKIP UMRAH mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak PT Esco Bintan. Ia mengatakan, bantuan alat laboratorium tersebut merupakan CSR tahun 2023 yang diberikan PT Esco kepada UMRAH.

“Sebelumnya PT Esco Bintan melakukan penjajakan kepada kami mengenai alat-alat yang dibutuhkan untuk pengembangan pendidikan. Setelah dilakukan penjajakan, maka muncul lah 5 alat laboratorium ini,” terangnya.

Ia menyampaikan, besar harapannya bantuan yang diberikan tidak hanya sebatas peralatan laboratorium tersebut, namun juga kedepannya diharapkan adanya kemungkinan kerjasama seperti kunjungan industri, rekrutmen tenaga kerja, magang, penelitian hingga pengabdian.

“Saat ini kami sedang menjajaki bentuk kerjasama MoU antara PT Esco dan UMRAH. Nantinya ini akan menjadi keberlanjutan dari kedua belah pihak untuk membangun pendidikan dan juga dunia kerja,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, untuk kelima alat yang diberikan oleh PT Esco Bintan merupakan peralatan baru yang sebagian besar memang belum dimiliki oleh UMRAH. Bantuan tersebut tentunya akan semakin membuat penelitian di UMRAH semakin baik.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *