Puncak Hari Jadi Bintan Ke-74, Festival Gasing dan Jong Menghibur Warga Dan Wisatawan

Dua orang peserta pemain dalam festival gasing tampak sedang memutar gasing yang sudah dilempar, MInggu (18/12/2022)
banner 120x600

BINTAN – Dalam rangkaian perayaan Hari Jadi Kabupaten Bintan ditutup dengan meriah. Festival Permainan Rakyat menjadi penutup dan penghibur warga serta wisatawan yang berkunjung ke Bintan pada Minggu (18/12/2022) lalu.

Adalah perlombaa Jong (perahu layar tanpa awak) yang dikenal dengan Jong Race yang menghibur masyarakat saat berkunjung ke pantai Gedung eks MTQ Bintan di Desa Telukbakau. Puluhan peserta dari berbagai wilayah Bintan dan Tanjungpinang membawa Jong dengan layar khas berwarna yang menyajikan keindahan tersendiri.

Festival lainnya adalah lomba Gasing. Gasing yang khas dengan permainan anak melayu ini menjadi tontonan menarik. Ini tatkala para pemain dari kategori anak-anak dan dewasa terlihat dengan mantap memutar serta “memangkah” gasing lawan. Permainan tradisional satu ini memang sangat menghibur, di samping juga sebagai ajang silahturahmi dan pelestarian budaya Melayu.

Hal itu selaras dengan yang disampaikan oleh Bupati Bintan yang diwakili Pj Sekda Bintan Ronny Kartika saat membuka kegiatan festival. Ronny mengatakan bahwa event ini bukan sekedar hiburan, namun fokusnya bagaimana menumbuhkan kembali pengenalan dan kecintaan generasi muda terhadap permainan-permainan tradisional yang sangat terkenal dulunya.

“Event ini akan coba kita laksanakan secara rutin sebagai event tahunan. Harapan kita selain ajang mempererat kebersamaan, ini juga melestarikan dan mengenalkan kembali anak cucu kita akan kekayaan budaya nenek moyangnya” ungkap Ronny, Minggu (18/12).

Festival Permainan Rakyat ini sebelumnya dimulai pada Sabtu malam dengan penampilan Makyong, Joget Dangkong dan Tari Kreasi. Selain Jong dan Gasing, juga digelar perlombaan berbalas pantun mulai dari kategori anak-anak hingga dewasa.(aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *