Sambut Imlek 2574, Vihara Dharma Shanti Tanjunguban Bagikan 1.000 Paket Sembako

Pengurus Yayasan Vihara Dharma Shanti Tanjunguban saat memberikan sembako kepada salah seorang warga di Halaman Vihara Dharma Shanti Tanjunguban pada Minggu, (8/1/2023) foto oleh Aan
banner 120x600

TANJUNGUBAN – Vihara Dharma Santi Tanjunguban membagikan 1.000 paket sembako kepada warga Bintan Utara dan sekitarnya pada Minggu (8/1/2023) pagi hingga siang. Paket sembako dibagikan langsung ke rumah-rumah di tiga kecamatan yaitu Bintan Utara, Seri Kuala Lobam dan Teluksebong. Kemudian juga dibagikan di Halaman Vihara Dharma Santi di Tanjunguban.

Pembagian sembako dalam rangka silaturahmi dan menyambut Perayaan Hari Raya Imlek 2574 yang jatuh pada tanggal 22 Januari mendatang ini dihadiri sejumlah tokoh Tionghoa dan juga tokoh agama lainnya.

Kwandi Kalsyim, Ketua Panitia pembagian sembako Vihara Dharma Shanti Tanjunguban mengatakan, jika tahun ini pembagian sembako tersebut meningkat dari tahun lalu.

“Tahun ini ada 1.000 paket yang kami bagikan, sementara pada tahun lalu sebanyak 600 paket sembako,” jelasnya pria yang juga menjabat Wakil Ketua Vihara Dharma Shanti Tanjunguban ini.

Pembagian paket sembako tersebut, katanya, dibagikan dari rumah ke rumah warga tak mampu yang berada di Bintan Utara, Teluksebong dan Seri Kuala Lobam, kemudian ada pembagian juga di panti asuhan di Bintan Timur.

“Yang dibagikan door to door ada 120 paket. sedangkan dibagikan di halaman vihara ada 880 paket, dengan penerima terbanyak adalah warga Kelurahan Tanjunguban Kota dan Tanjunguban Selatan,” terangnya.

I Nyoman Ariawan, Pembimas Buddha Kepri yang menyampaikan sambutan juga mengatakan jika harmonisasi antar umat beragama dapat diwujudkan dalam bakti sosial tersebut. ia mengatakan, setiap pemeluk agama dapat menjalankan ibadah dan keyakinannya serta antar umat beragama saling menghormati.

“Disini kita lihat harmonisasi antar umat beragama, itu yang perlu kita jaga bersama agar daerah kita aman. kita bersama harus melawan radikalisme yang ada, setiap agama pastinya memberikan kebaikan bagi pemeluknya serta umat manusia,” ucapnya.

Ia menambahkan, bakti sosial ini tentunya bukan sekedar pemberian semata, tetapi menumbuhkan rasa saling empati dan menghormati antar kita umat beragama.

Sementara itu, Wan Rudi Iskandar, Asisten I Setdakab Bintan yang mewakili Bupati Bintan menjelaskan jika pihaknya mengapresiasi aksi sosial Vihara Dharma Shanti Tanjunguban. Menurutnya dengan kondisi ekonomi pasca pandemi, masyarakat perlu banyak mendapatkan bantuan seperti aksi sosial ini.

“Tentunya ini juga semakin menguatkan rasa persatuan dan toleransi antar umat beragama. Karena, bantuan dari
yayasan ini menyasar berbagai kalangan dan agama. ini akan mempererat harmonisasi kehidupan beragama,” jelasnya.

Ia menambahkan juga, dengan kondisi harmonisasi masyarakat, tentunya akan menjamin stabilitas daerah. Hal tersebut tentunya akan turut memberikan dampak untuk kebangkitan ekonomi Bintan.

Cen Sui Lan, Anggota DPR RI juga mengapresiasi bakti sosial tersebut. Bahkan menurutnya, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan lebih dari satu kali dalam setahun.

“Kalau bisa ditingkatkan lebih dari sekali. Ini pasti sangat bermanfaat bagi warga-warga kita yang terdampak pandemi. kalau bisa dua kali atau sering-sering bahkan,” ucapnya.

Pada pembagian sembako tersebut dihadiri Haripinto Tanuwidjaja selaku Anggota DPD RI. Hadir juga Herlianto yang merupakan anggota DPRD Kepri, Asui selaku Ketua Vihara Dharma Shanti, Antoni Han selaku ketua Pengawas Vihara Dharma Shanti Tanjunguban, Suhardi Anggota DPRD Bintan, I Nyoman Ariawan Pembimas Budha Kepri, Wan Rudi Iskandar asisten 1 Setdakab Bintan dan sejumlah tokoh agama dan tokoh Tionghoa Tanjunguban serta perwakilan TNI dan Polri.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *