Tingkatkan Kapasitas Dan Profesionalitas, 50 Saksi DPC PDIP Bintan Dilatih BSPN Pusat

Ketua BSPN Kepri Lis Darmansyah Saat menyampaikan sambutan dan memperkenalkan BSPN Pusat saat pembukaan pelatihan saksi DPC PDIP Bintan, Sabtu (12/8/2023) foto oleh Aan
banner 120x600

BINTAN – Badan Saksi Pemilu Nasional (BPSN) Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan pelatihan kepada 50 saksi pemilu Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bintan. Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2023 dilaksanakan di Kantor DPC PDIP Bintan di Tanjunguban.

Sebanyak 50 saksi yang dilatih selama dua hari tersebut, nantinya akan menjadi pelatih atau mentor bagi seluruh saksi yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu dan pemilukada serentak 2024 mendatang.

Indra Setiawan, Ketua DPC PDIP Bintan mengingatkan kepada para saksi partai untuk siap menghadapi pemilu serentak 2024 mendatang. Ia pun mengimbau agar saksi partai yang ikut pelatihan saksi dapat menggali ilmu lebih dalam.

“Saksi partai harus memahami berbagai aturan dan mekanisme yang ada saat pemungutan suara di TPS. Saksi yang dilatih hari ini juga harus mampu menjadi mentor dan pelatih saksi lainnya di wilayah anak cabang di setiap kecamatan,” sebutnya.

Ketua DPC PDIP Bintan Indra Setiawan saat menyampaikan sambutan pada pembukaan pelatihan saksi PDIP Bintan di Tanjunguban

Sementara itu, Lis Darmansyah, Ketua BSPN Kepri mengingatkan kepada para saksi partai agar tidak hanya mampu memahami SOP yang ada pada pemungutan suara, namun juga mampu menjaga suara partai bahkan meningkatkan perolehan suara.

“Jadi tidak hanya menjadi saksi saat pemungutan suara saja, menjelang pemungutan, saksi partai juga harus mampu membantu menggaet suara-suara di lapangan guna meningkatkan perolehan suara,” pesannya.

Ia juga menyampaikan, bersama para saksi, pihaknya menargetkan perolehan suara di Pilres untuk Bintan mencapai 60 persen.

Sementara itu, Kuswanto, Ketua Panitia Pelatihan Saksi DPC PDIP Bintan mengatakan jika dalam pelatihan saksi ini diikuti sebanyak 45 peserta dari 9 kecamatan kecuali Tambelan, 5 peserta lagi berasal dari DPC PDIP Bintan.

“Untuk pelatihan saksi ini juga Bintan merupakan yang pertama di Kepri yang dilatih langsung oleh BSPN Pusat. Kami berharap ini dapat lebih meningkatkan kapasitas dan juga profesionalitas saksi partai yang ada di DPC PDIP Bintan,” harapnya.

Pada pelatihan saksi tersebut menghadirkan 2 narasumber  dari BPSN Pusat yakni Dedi Rachmadi dan Harli Muin. Kemudian hadir juga Ketua Dewan Pertimbangan Daerah PDIP Kepri Irjen Pol (Purn)  Darmawan,  Pengurus BSPN Kepri, Pengurus BSPN Cabang Bintan dan juga para bacaleg.(Aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *