Turis Perdana Ke Bintan Disambut Kalungan Bunga Dan Tanjak Khas Melayu

Roby Kurniawan mengalungkan bunga kepada turis asing asal Jepang pada penyambutan tamu perdana 2023 Pelabuhan Internasional Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, Minggu (1/1/2023)
banner 120x600

BINTAN – Sebanyak 97 turis asing yang datang dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menuju Bandar Bintan Telani, Lagoi disambut kedatangannya dengan meriah oleh Pemkab Bintan dan juga PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) pada Minggu (1/1/2023).

Turis asing yang datang pada pukul 09.00 WIB dengan Kapal Ferry Aria Bupala ini merupakan turis perdana yang menginjakkan kakinya di Kabupaten Bintan pada tahun 2023 ini.

Dari 97 turis tersebut, ada dua keluarga yang mendapatkan sambutan khusus dan mendapatkan voucher menarik dari PT BRC, dua keluarga tersebut adalah pasangan Taeko Kono dan Atsuto Kono asal Jepang serta pasangan Gavin Moon dan Daniele Moon asal Australia.

Selain mendapatkan kalungan bunga dan tanjak khas melayu dari Bupati Bintan, dua keluarga ini juga mendapatan voucher menginap di Nirwana Gardens dan Grand Lagoi by Willson, voucher tiket kapal pulang pergi Singapura-Bintan dari Bintan Resort Ferries (BRF) yang dapat dipergunakan dalam tahun 2023 serta voucher makan di F&B Anmon Resort yang dapat langsung dipergunakan saat kunjungan perdana ini.

Abdul Wahab, GGM PT BRC mengatakan, sejak sepekan pada akhir tahun kemarin, jumlah perjalanan atau trip dari Singapura menuju Lagoi meningkat. Dalam sehari ada 9 perjalanan pergi pulang (PP) dari rute tersebut. Setiap kapal ferry yang memiliki kapasitas 300 an penumpang, terisi sekitar 200 an penumpang.

“Untuk hari ini di tahun baru 2023 ada 4 trip PP. Pertama pukul 09.00 WIB atau yang perdana sebanyak 97 penumpang. Trip kedua ada 240 penumpang, trip ketiga dan keempat pada hari ini membawa masing-masing 200 an penumpang. Total hari ini ada 700 an penumpang yang datang,” jelas Wahab.

Wahab menjelaskan, tidak hanya mengandalkan kedatangan turis asing dari jalur laut Singapura-Lagoi saja, tahun 2023 ini pihaknya sudah merencanakan kedatangan turis dari Tiongkok melalui Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang. Nantinya akan ada 5 penerbangan carter langsung.

“Kami rencanakan ada 5 penerbangan dalam sehari. Setiap penerbangan akan membawa 200 penumpang langsung dari Tiongkok. Ini akan berjalan bertahap pada Maret mendatang. Jika sudah fix, maka akan ada 1.000 turis dari Tiongkok setiap harinya ke Bintan,” sebutnya.

Ia menambahkan juga, nantinya turis Tiongkok tersebut juga akan menikmati paket perjalanan dari Tanjungpinang, Bintan, Singapura dan Batam. Kemudian akan kembali pulang melalui Tanjungpinang.

Sementara itu, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan rasa optimis menyambut kebangkitan pariwisata Bintan di tahun 2023. Selain akan ada rencana penambahan jalur masuk turis, pihaknya bersama PT BRC dan semua pihak akan tetap melaksanakan agenda rutin wisata seperti Tour de Bintan, Iron Man, Bintan Thriatlon dan iven lainnya. Bahkan Roby akan mengupayakan iven pesta durian yang cukup banyak menarik wisatawan.

“Kami yakin kenaikan pariwisata akan berdampak pada kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan. Tahun lalu kami menargetkan total PAD Rp 200 miliar, namun hanya terealisasi 60 persennya saja. Tahun ini kami targetkan Rp 300 miliar PAD kita dan sektor pariwisata dapat menyumbang Rp 200 miliar diantaranya,” jelas Roby.

Roby juga menyampaikan kepada berbagai pihak seperti kepolisian, TNI, Imigrasi dan pihak lainnya yang turut membantu keamanan dan kelancaran kedatangan turis dan juga kenyamanan selama berlibur di Bintan.

“Tentunya jika turis datang dengan nyaman dan senang saat berada di Bintan, maka akan lebih banyak dan lama turis menginap di Bintan. Terkait kebijakan lainnya seperti pembebasan visa bagi negara non ASEAN, pihaknya juga akan mendiskusikan kepada kementerian terkait,” ucapnya.

Dalam acara penyambutan turis perdana ke Bintan ini, hadir juga Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepri Luki Zaiman Prawira, Kepala Disbudpar Bintan Arief Sumarsono, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Dandim Bintan Kolonel Tommy Anderson, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban Erwin Haryadi dan sejumlah pimpinan PT BRC. (aan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *